Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemuda Rusia Ikut Semarakan Perayaan Hari Sumpah Pemuda Oleh KBRI Moskow

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 28 Oktober 2020, 18:16 WIB
Pemuda Rusia Ikut Semarakan Perayaan Hari Sumpah Pemuda Oleh KBRI Moskow
Lomba pidato Hari Sumpah Pemuda yang digelar virtual oleh KBRI Moskow/Ist
rmol news logo Sejumlah pemuda Rusia turut ambil bagian dalam lomba menulis dan pidato Bahasa Indonesia yang diselenggarakan KBRI Moskow dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Lomba pidato yang dilakukan secara virtual pada Senin (26/10) itu diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Rusia, yaitu Moscow State Institute of International Relations (MGIMO), Institute of Asian and African Studies of the Lomonosov Moscow State University (ISAA-MGU), Diplomatic Academy of the Ministry of Foreign Affairs of the Russian Federation, St. Petersburg State University, dan Kazan Federal University.

Dalam keterangan tertulis KBRI Moskow yang diterima redaksi pada Rabu (28/10), universitas-universitas tersebut mengajarkan bahasa Indonesia.

Selain untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, lomba juga jadi  bagian dari peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Rusia. Oleh karena itu, tema lomba adalah "Memaknai 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia".

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) atau Wakil Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, Azis Nurwahyudi, mengatakan peran pemuda sangat besar dan penting dalam pengembangan hubungan kedua bangsa. Perhatian generasi muda Rusia terhadap Indonesia begitu besar. Tidak sedikit pemuda Rusia yang ingin mengetahui banyak tentang Indonesia, baik budaya maupun bahasanya. Mereka juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan KBRI Moskow.

“Salah satu contohnya adalah keikutsertaan para pemuda Rusia pada lomba pidato dan menulis Bahasa Indonesia. Selain itu, para pemuda Rusia juga datang ke KBRI Moskow untuk belajar Bahasa Indonesia, gamelan, dan tarian Indonesia,” kata Azis Nurwahyudi.

“Dari Rusia kami mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda,” tambahnya.

Salah satu peserta, Anastasia Sycheva dari ISAA-MGU dalam pidatonya menyampaikan dinamika dan peran penting hubungan Indonesia dengan Rusia. Menurut Anastasia, salah satu peran penting adalah peningkatan kerja sama di bidang budaya dan pendidikan.

“Kerja sama di bidang budaya dan pendidikan dapat menarik perhatian dan motivasi lebih banyak orang Indonesia dan Rusia dari berbagai lapisan masyarakat kedua negara untuk memperkuat kerja sama bilateral lainnya,” kata Anastasia, mahasiswi tingkat empat yang mendalami Bahasa Indonesia di universitasnya.

Sementara itu, sekelompok pemuda Rusia lainnya turut berbagi ucapan dan kesan mengenai Hari Sumpah Pemuda di sela-sela latihan gamelan di KBRI Moskow pada 27 Oktober 2020. Dengan berpakaian batik mereka mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2020 kepada masyarakat dan bangsa Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA