Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepada Menlu Pompeo, Retno Tegaskan Prinsip Indonesia Yang Bebas Dan Independen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 29 Oktober 2020, 10:45 WIB
Kepada Menlu Pompeo, Retno Tegaskan Prinsip Indonesia Yang Bebas Dan Independen
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo dan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pada Kamis, 29 Oktober 2020/RMOL
rmol news logo Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo ke Jakarta.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam pernyataannya, Retno menghargai kunjungan Pompeo di tengah pandemi Covid-19 yang mencerminkan komitmen AS untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia.

"AS adalah mitra strategis bagi Indonesia, kemitraan yang dilandasi oleh banyak nilai bersama, seperti demokrasi, hak asasi manusia, mengedepankan toleransi, dan keragaman, serta penghormatan terhadap aturan hukum," ujar Retno dalam konferensi pers bersama Pompeo di Kementerian Luar Negeri pada Kamis (29/10).

Retno mengatakan, pertemuan bilateral dirinya dengan Pompeo berjalan dengan sangat baik dan produktif, serta transparan juga ramah.

"Saya tegaskan kembali prinsip politik luar negeri Indonesia yang bebas dan independen," tekan Retno.

"Saya menekankan kembali perlunya kerja sama inklusif di tengah masa yang penuh tantangan ini, dan saya menggarisbawahi perlunya setiap negara menjadi bagian dari solusi dalam kontribusi kolektif menuju perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran dunia," lanjut dia.

Setelah bertemu dengan Retno, Pompeo sendiri dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Kunjungan Pompeo ke Indonesia merupakan bagian dari tur Asia-nya yang dimulai sejak Minggu (25/10). Sebelum ke Indonesia, Pompeo sudah mengunjungi India, Sri Lanka, dan Maladewa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA