Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Laut China Selatan, Menlu Pompeo Puji Indonesia Yang Tegas Jaga Kedaulatan Di Natuna

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 29 Oktober 2020, 11:23 WIB
Bahas Laut China Selatan, Menlu Pompeo Puji Indonesia Yang Tegas Jaga Kedaulatan Di Natuna
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo dan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pada Kamis, 29 Oktober 2020/Repro
rmol news logo Isu Laut China Selatan tidak terlepas dari agenda yang dibahas oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan timpalannya dari negeri Paman Sam, Mike Pompeo saat berkunjung ke Jakarta.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kepada Pompeo, Retno menegaskan posisi Indonesia yang terus berupaya menjadikan Laut China Selatan sebagai kawasan yang stabil dan damai sesuai dengan hukum internasional.

"Bagi Indonesia, Laut China Selatan harus dijaga sebagai laut yang stabil dan damai. Hukum internasional, khususnya UNCLOS 1982 harus dihormati dan dilaksanakan," kata Retno dalam konferensi pers virtual bersama Pompeo pada Kamis (29/10).

Di sisi lain, Pompeo pun memuji Indonesia yang berani dan tegas untuk membawa sengketa laut China Selatan berdasarkan aturan hukum internasional.
"Jelas terlihat kepemimpinan Indonesia yang berani terhadap isu Laut China Selatan di ASEAN dan PBB," ujar Pompeo

"Kami menyambut contoh baik Indonesia dengan tegas menjaga kedaulatan maritimnya di sekitar Pulau Natuna. Saya menantikan untuk bekerja sama dalam cara yang baru guna memastikan keamanan maritim dapat melindungi rute perdagangan yang paling sibuk," sambung dia.

Lebih lanjut, Pompeo menuturkan harapannya agar AS dan Indonesia dapat bekerja sama untuk memastikan keamanan maritim di beberapa jalur perdagangan penting dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA