Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Atas Izin Israel, AS Akan Jual 50 Unit F-35 Ke UEA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 30 Oktober 2020, 08:51 WIB
Atas Izin Israel, AS Akan Jual 50 Unit F-35 Ke UEA
Jet tempur F-35 buatan Lockheed Martin/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) dikabarkan akan menjual 50 unit jet tempur F-35 ke Uni Emirat Arab (UEA) senilai 10,4 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 153 triliun (Rp 14.700/dolar AS).

Politico melaporkan, Departemen Luar Negeri AS sudah menyampaikan informasi tersebut secara informal kepada Kongres pada Kamis (29/10). Hal itu pun diungkap oleh seorang asisten kongres.

Jika penjualan selesai, UEA akan menjadi negara kedua di Timur Tengah yang menerbangkan jet tempur buatan Lockheed Martin itu setelah Israel. Namun kesepakatan itu harus lebih dulu disetujui oleh Kongres.

Kabar penjualan jet tempur F-35 ke UEA sendiri muncul beberapa saat setelah Abu Dhabi melakukan normalisasi hubungan dengan Israel. Setelah normalisasi hubungan disepakati pada 15 September, isu ini kian menyeruak.

Pejabat Israel sendiri pada awalnya keberatan denagn penjualan tersebut karena khawatir militernya akan tertandingi.

Ketua Urusan Luar Negeri DPR AS, Eliot Engel mengatakan, ia prihatin penjualan tersebut dapat menurunkan kekuatan militer AS di wilayah. Di mana teknologi canggih pesawat itu juga kemungkinan akan sampai ke tangan musuh seperti Rusia dan China.

"Saat kami mempertimbangkan risiko ini, kami harus memastikan bahwa keamanan nasional Amerika dan prioritas kebijakan luar negeri berada di garis depan pertimbangan kami," kata Engel.

Namun pekan lalu Israel telah setuju untuk mengizinkan AS menjual senjata tertentu ke UEA setelah pejabat Pentagon berjanji akan menjual lebih banyak militer buatan AS ke Israel untuk mempertahankan keunggulannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA