Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Uji Coba Rudal Antarbenua Berkemampuan Nuklir Minuteman III

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 30 Oktober 2020, 11:33 WIB
AS Uji Coba Rudal Antarbenua Berkemampuan Nuklir Minuteman III
Angkatan Udara Amerika Serikat meluncurkan rudal balistik antarbenua, Minuteman III/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) melakukan uji coba rudal balistik antarbenua atau intercontinental ballistic missile (ICBM) di Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg, California.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Uji coba rudal bernilai jutaan dolar itu dilakukan pada Kamis (29/10) pukul 12.27 siang waktu setempat.

Dilaporkan Anadolu Agency, rudal bernama Minuteman III itu melakukan perjalanan 4.200 mil sebelum jatuh ke laut di lepas Kepulauan Marshall.

"Seperti peluncuran uji coba sebelumnya, uji coba ini menunjukkan komitmen Angkatan Udara terhadap perusahaan nuklir negara sambil memastikan penangkal nuklir Amerika Serikat aman, terjamin, dan efektif untuk mencegah musuh kita, sembari meyakinkan sekutu dan mitra kita," ujar Kepala Staf Angkatan Udara, Jenderal Charles Q. Brown Jr. dalam pernyataannya.

"Kita harus terus berinvestasi dalam penangkal yang layak ini, dan penerbang yang mendukung misi ini, sebagai bagian dari kaki triad nuklir kita yang paling responsif," tambahnya, mengacu pada struktur nuklir darat, laut, dan udara AS.

Minuteman III adalah satu-satunya ICBM berkemampuan nuklir berbasis darat milik AS. Rudal itu telah beroperasi sejak tahun 1970-an.

Setiap melakukan peluncuran uji coba, Angkatan Udara AS selalu menekankan hal itu bukan merupakan tanggapan atau reaksi atas peristiwa maupun ketegangan yang terjadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA