Analisis DNA Membuktikan, Anjing Adalah Sahabat Tertua Manusia

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti internasional menemukan bahwa anjing adalah mitra hewan tertua manusia/Net

Anjing merupakan salah satu hewan yang umum dipelihara oleh manusia. Namun rupanya, hubungan antara manusia dan anjing telah terjalin lebih dari puluhan ribu tahun silam.

Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah penelitian tim internasional terbaru yang dipublikasikan di jurnal Science, di mana para peneliti melakukan analisis pada DNA anjing purba dan anjing modern.

Para peneliti menganalisis seluruh genom atau DNA lengkap dalam inti sel biologis dari 27 kerangka anjing purba yang terkait dengan berbagai budaya arkeologi. Mereka membandingkannya satu sama lain dan dengan anjing modern.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa hewan tersebut adalah "sahabat" manusia tertua. Analisis tersebut mengungkapkan bahwa domestikasi anjing dapat ditelusuri kembali hingga 11 ribu tahun lalu, bahkan hingga akhir Zaman Es terakhir.

Salah seorang penulis penelitian yang juga merupakan ketua kelompok laboratorium Genomik Kuno di London's Crick Institute, Dr Pontus Skoglund mengatakan kepada BBC pekan ini bahwa penelitian ini menegaskan kembali bahwa anjing adalah hewan yang dijinakkan oleh manusia sebelum spesies lain yang diketahui.

"Anjing benar-benar unik karena menjadi makhluk yang sangat aneh, ini jika Anda memikirkannya, ketika semua orang masih menjadi pemburu, pengumpul, mereka menjinakkan apa yang sebenarnya adalah karnivora liar, serigala cukup menakutkan di banyak bagian dunia," jelasnya.

"Pertanyaan mengapa orang melakukan itu? Bagaimana itu bisa terjadi? Itulah yang akhirnya membuat kami tertarik," sambung Dr Skoglund.

Penelitian yang sudah ada sebelumnye menunjukkan bahwa anjing diperkirakan telah berevolusi dari serigala yang berkelana ke kamp manusia, kemungkinan mengendus-endus makanan. Saat mereka dijinakkan, mereka kemudian bisa melayani manusia sebagai teman berburu atau penjaga.

Hasil penelitian terbaru juga mengungkapkan hal serupa. Tim peneliti internasional menemukan, semua anjing berasal dari satu populasi serigala yang punah, atau mungkin beberapa yang sangat dekat hubungannya.

Dr Skoglund mengatakan, tidak jelas kapan atau di mana domestikasi awal terjadi karena sejarah yang sangat dinamis.

"Sejarah anjing telah begitu dinamis sehingga Anda tidak dapat benar-benar mengandalkannya untuk tetap berada di sana untuk membaca DNA mereka. Kami benar-benar tidak tahu, itulah hal yang menarik tentang itu," ujarnya

Penulis utama penelitian yang juga merupakan peneliti pasca-doktoral di Crick Anders Bergstrom menyebut, jika kita melihat ke belakang, lebih dari empat atau lima ribu tahun yang lalu, kita dapat melihat bahwa Eropa adalah tempat yang sangat beragam dalam hal anjing.

"Meskipun anjing Eropa kita lihat hari ini datang dalam susunan bentuk dan bentuk yang luar biasa, secara genetik mereka berasal hanya dari subset yang sangat sempit dari keanekaragaman yang dulu ada," ujarnya.

Sementara itu, rekan penulis dari Universitas Oxford, Greger Larson mengatakan bahwa anjing adalah mitra hewan tertua dan terdekat manusia.

"Menggunakan DNA dari anjing purba menunjukkan kepada kita seberapa jauh sejarah bersama kita berjalan dan pada akhirnya akan membantu kita memahami kapan dan di mana hubungan yang dalam ini dimulai," jelasnya.

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Presiden Armenia Minta Rakyat Bisa Saling Bergandengan Tangan Hadapi Situasi Pasca Perang
Dunia

Presiden Armenia Minta Rakya..

05 Desember 2020 17:27
Beri Contoh Pada Rakyatnya, Erdogan Siap Disuntik Vaksin Covid-19
Dunia

Beri Contoh Pada Rakyatnya, ..

05 Desember 2020 17:05
Ajudan Senator Republik Georgia Tewas Dalam Kecelakaan Mobil Beruntun, Mike Pence Berduka: Dia Pemuda Yang Luar Biasa
Dunia

Ajudan Senator Republik Geor..

05 Desember 2020 16:47
Undang Aktivis Pro-Demokrasi, Politisi Denmark Kena Amukan China: Jangan Ikut Campur Urusan Hong Kong!
Dunia

Undang Aktivis Pro-Demokrasi..

05 Desember 2020 16:34
Badan Keamanan Lebanon Ungkap Rencana Pembunuhan Sejumlah Tokoh Masyarakat
Dunia

Badan Keamanan Lebanon Ungka..

05 Desember 2020 15:37
Penemuan Luar Biasa Dari Penggalian Kota Pompeii: Harta Karun Orang Romawi Terkaya Bernama Quintus Poppaeus
Dunia

Penemuan Luar Biasa Dari Pen..

05 Desember 2020 15:16
Perang Telah Berakhir, Namun Perjuangan Melawan Stres Pasca-Trauma Baru Saja Dimulai
Dunia

Perang Telah Berakhir, Namun..

05 Desember 2020 14:46
Belasan Penambang Terjebak Tanah Longsor Di Tambang Emas Ilegal Nikaragua
Dunia

Belasan Penambang Terjebak T..

05 Desember 2020 13:48