Begini Penampakan 16 Psyche, Asteroid Yang Diyakini Seharga 10 Ribu Kuadriliun Dolar AS

• Jumat, 30 Oktober 2020, 16:18 WIB
Asteroid 16 Psyche/Net
rmol news logo Badan antariksa NASA merilis foto penampakan asteroid sepanjang 226 kilometer yang dijuluki "16 Psyche".

Gambar yang diambil oleh teleskop Hubble dan diterbitkan oleh Planetary Science Journal pada Senin (26/10) tersebut menunjukkan bahwa asteroid itu dibentuk oleh nikel dan besi, dua logam berharga di Bumi.

Dimuat 9 News, jika benar nikel dan besi yang menjadi pembentuknya, maka asteroid itu diperkirakan bernilai 10 ribu kuadriliun dolar AS (10.000.000.000.000.000.000).

Angka tersebut 10 ribu kali lebih banyak dari ekonomi dunia yang pada 2019 bernilai sekitar 142 triliun dolar AS.

Asteroid itu diyakini sebagai inti planet yang mati dan gagal terbentuk, atau merupakan hasil dari banyak tabrakan seiring waktu.

16 Psyche, yang ditemukan pada 1852, terletak di sabuk asteroid utama Tata Surya antara Jupiter dan Mars sekitar 370 juta kilometer dari Bumi.

NASA berencana mengunjungi asteroid sebagai bagian dari Program Penemuan, yang diharapkan diluncurkan pada 2022.

Diharapkan lebih banyak yang dapat dipelajari tentang batuan luar angkasa yang berharga, termasuk kandungan logamnya, yang oleh NASA dijuluki sebagai "blok bangunan tata surya kita".

Ketika misi Psyche diumumkan pada 2017, ilmuwan utama misi NASA dan direktur Sekolah Eksplorasi Bumi dan Luar Angkasa Arizona State University Lindy Elkins-Tanton mengatakan bahwa misi tersebut memberikan kesempatan unik untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana bentuk planet.

"16 Psyche adalah satu-satunya objek yang diketahui dari jenisnya di Tata Surya, dan ini adalah satu-satunya cara manusia mengunjungi inti. Kami belajar tentang ruang dalam dengan mengunjungi luar angkasa," katanya dalam sebuah pernyataan. rmol news logo article