Gagal Terbang, Canada Air Hadapi Gugatan Class Action Karena Tidak Kembalikan Uang Tiket

Canada Air/Net

Canada Air menghadapi potensi tuntutan hukum class-action dan ribuan keluhan konsumen di AS atas penolakannya mengembalikan uang tiket untuk penerbangan yang dibatalkan karena Covid-19.

Penggugat dari New York dan California menghadap pengadilan distrik federal untuk menuntut maskapai itu yang hanya menawarkan voucher perjalanan, bukan pengembalian uang.

"Canada Air mengubah kebijakan pengembalian uangnya setelah menjual ribuan tiket kepada pelanggan.  Mereka menolak pengembalian uang pelanggan," menurut salah satu penggugat dari New York, seperti dikutip dari CTV, Jumat (30/10).

"Saya pikir ada kerusakan reputasi yang sangat besar pada Air Canada," kata pengacara Stephen Fearon, yang mewakili penggugat.

Gugatan itu mengutip peraturan hukum yang dikeluarkan Departemen Transportasi AS dari bulan April yang menyarankan maskapai penerbangan AS dan asing mengeluarkan pengembalian uang apabila maskapai gagal terbang, dengan mencatat:  "Kewajiban lama maskapai penerbangan untuk memberikan pengembalian uang untuk penerbangan yang dibatalkan atau ditunda secara signifikan tidak berhenti ketika gangguan penerbangan di luar kontrol operator (misalnya, akibat dari pembatasan pemerintah). "

Itu berbeda dengan posisi Badan Transportasi Kanada, yang mengeluarkan pernyataan pada bulan Maret yang mengatakan bahwa 'voucher' adalah 'pendekatan yang tepat dalam konteks saat ini, selama voucher atau kredit ini tidak kedaluwarsa dalam waktu yang sangat singkat.'

Air Canada menganggap pernyataan kebijakan pengembalian dana DOT AS mengikat secara hukum pada operasinya di AS.

"Air Canada telah mengembalikan 1,2 miliar dolar AS kepada pelanggan yang memenuhi syarat dengan tarif yang dapat dikembalikan yang perjalanannya terkena dampak Covid-19," kata juru bicara Canada Air Peter Fitzpatrick melalui email.

“Kebijakan kami melebihi panduan yang diberikan oleh CTA dan memberikan fleksibilitas industri terkemuka dan nilai pengembalian bagi pelanggan kami,” lanjut Fitzpatrick.

Konsumen mengajukan 3.759 keluhan atas pengembalian uang Air Canada kepada Departemen Perhubungan AS antara Januari dan Juli, lebih banyak daripada maskapai penerbangan non-AS lainnya.

Di antara pengadu adalah Scott Osburne, manajer klinik terapi fisik di Portland, Oregon, yang mencoba mendapatkan pengembalian uang untuk tiket ke Vancouver untuk perjalanan merayakan ulang tahun ke-50 suaminya.

“Kami tidak akan pernah menggunakan penerbangan Air Canada lagi,” katanya. “Kami mungkin tidak akan pernah pergi ke Kanada lagi. Ini sangat menjengkelkan."

Osburne mengatakan dia mencoba meminta pengembalian uang, namun tidak berhasil, untuk membatalkan pembayaran kartu kredit melalui American Express. Sementara, pada maskapai penerbangan lain dia bisa mendapatkan pengembalian uang penuh ketika penerbangannya dibatalkan karena Covid-19.

Sebagian besar maskapai penerbangan AS dan Eropa telah memberikan pengembalian uang untuk pembatalan penerbangan karena Covid-19.

Selama pandemi, pemerintah federal telah menyatakan bahwa pembayaran pengembalian uang akan sangat merugikan secara finansial bagi industri penerbangan yang telah menyaksikan sebanyak 90 persen lalu lintas penumpangnya menghilang. Pada bulan Juni, Air Canada mengatakan memegang sebanyak 2,6 miliar dolar AS dari penjualan tiket di muka.

Meski mempertimbangkan dana talangan federal untuk industri tersebut, pemerintah menolak mengatakan apakah memberikan pengembalian dana penumpang akan menjadi syarat untuk menerima uang pembayar pajak.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Presiden Armenia Minta Rakyat Bisa Saling Bergandengan Tangan Hadapi Situasi Pasca Perang
Dunia

Presiden Armenia Minta Rakya..

05 Desember 2020 17:27
Beri Contoh Pada Rakyatnya, Erdogan Siap Disuntik Vaksin Covid-19
Dunia

Beri Contoh Pada Rakyatnya, ..

05 Desember 2020 17:05
Ajudan Senator Republik Georgia Tewas Dalam Kecelakaan Mobil Beruntun, Mike Pence Berduka: Dia Pemuda Yang Luar Biasa
Dunia

Ajudan Senator Republik Geor..

05 Desember 2020 16:47
Undang Aktivis Pro-Demokrasi, Politisi Denmark Kena Amukan China: Jangan Ikut Campur Urusan Hong Kong!
Dunia

Undang Aktivis Pro-Demokrasi..

05 Desember 2020 16:34
Badan Keamanan Lebanon Ungkap Rencana Pembunuhan Sejumlah Tokoh Masyarakat
Dunia

Badan Keamanan Lebanon Ungka..

05 Desember 2020 15:37
Penemuan Luar Biasa Dari Penggalian Kota Pompeii: Harta Karun Orang Romawi Terkaya Bernama Quintus Poppaeus
Dunia

Penemuan Luar Biasa Dari Pen..

05 Desember 2020 15:16
Perang Telah Berakhir, Namun Perjuangan Melawan Stres Pasca-Trauma Baru Saja Dimulai
Dunia

Perang Telah Berakhir, Namun..

05 Desember 2020 14:46
Belasan Penambang Terjebak Tanah Longsor Di Tambang Emas Ilegal Nikaragua
Dunia

Belasan Penambang Terjebak T..

05 Desember 2020 13:48