Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawa Angin Kencang Nan Dahsyat, Topan Super Goni Hantam Filipina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 01 November 2020, 10:55 WIB
Bawa Angin Kencang Nan Dahsyat, Topan Super Goni Hantam Filipina
Topan Goni menghantam sejumlah daerah di Filipina/Net
rmol news logo Topan super Goni menghantam pulau utama Filipina, Luzon pada Minggu (1/11), membawa angin kencang yang dahsyat dan hujan lebat.

Sepanjang tahun ini, Topan Goni merupakan badai terkuat di dunia yang menambah kekuatannya dengan kecepatan angin 225 km per jam hingga 310 km per jam.

Dimuat Reuters, otoritas Filipina mengevakuasi hampir satu juta orang ke tempat yang lebih aman sebelum Goni mendekati provinsi timur dan membuat pendaratan di Catanduanes dan Albay di wilayah Bicol.

Biro cuaca mengatakan angin kencang yang dahsyat dan curah hujan yang deras diperkirakan akan terjadi di provinsi Bicol serta sebagian dari Quezon, Laguna dan Batangas, selatan ibu kota Manila.

"Ini situasi yang sangat berbahaya untuk daerah-daerah ini," kata biro cuaca dalam buletin.

Ibukota Manila juga berada dalam jalur yang diproyeksikan Goni. Pendaratan ketiga diperkirakan akan melanda provinsi Quezo.

Antara 19 juta hingga 31 juta orang dapat terpengaruh, termasuk mereka yang berada di zona bahaya.

Peringatan gelombang badai telah dikeluarkan, sementara para pejabat juga telah mengingatkan mereka yang berada di pusat evakuasi untuk mengamati jarak sosial karena penyebaran virus corona juga menjadi perhatian.

Puluhan penerbangan internasional dan domestik telah dibatalkan karena otoritas penerbangan sipil memerintahkan penutupan satu hari dari gerbang utama Manila, Bandara Internasional Ninoy Aquino.

Goni adalah salah satu topan terkuat yang melanda Filipina sejak Haiyan, yang menewaskan lebih dari 6.300 orang pada 2013.

Hantaman Topan Goni terjadi setelah Topan Molave beberapa hari lalu yang menewaskan 22 orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA