Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gempa Turki Dan Yunani: 39 Orang Meninggal Dunia Dan Ratusan Lainnya Masih Terjebak Puing-puing Bangunan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 01 November 2020, 11:13 WIB
Gempa Turki Dan Yunani: 39 Orang Meninggal Dunia Dan Ratusan Lainnya Masih Terjebak Puing-puing Bangunan
Tim evakuasi mencari korban di puing-puing bangunan yang hancur karena gempa/Net
rmol news logo Korban meninggal akibat bencana gempa dan tsunami di Turki dan Yunani bertambah. Setidaknya ada 39 orang yang tewas akibat bencana yang terjadi pada Jumat (30/10) tersebut.

Tim evakuasi berhasil mengamankan seorang ibu dan tiga anaknya setelah terjebat selama hampir 18 jam di bawah sebuah bangunan di kota Izmir. Sayangnya, satu anak dinyatakan meninggal karena luka-luka di rumah sakit, seperti dimuat AP

Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengatakan, dari 39 korban, sebanyak 37 berada di Turki dan dua di Pulau Samos, Yunani.

Walikota kota pelabuhan Aegean, Tunc Soyer mengatakan sekitar 180 orang masih terjebak dan perlu dievakuasi.

Gempa berkekuatan magnitudo 7 menghancurkan setidaknya 20 bangunan di Izmir, menyebabkan kepanikan dan memicu gelombang pasang yang menghantam daerah pesisir dan pulau.

Berbicara dalam pidato yang disiarkan di televisi, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan, totalnya ada 885 orang yang terluka, 15 di antaranya dalam kondisi kritis. Sebanyak 243 orang masih dirawat di rumah sakit Turki.

Menteri Lingkungan Hidup Murat Kurum mengatakan sejauh ini lebih dari 100 orang telah diselamatkan.

Pekerjaan penyelamatan diselingi oleh ratusan gempa susulan. Hingga Sabtu sore, operasi pencarian telah selesai di delapan gedung dan berlanjut di sembilan lainnya.

Bulldozer membersihkan puing-puing dari bangunan yang runtuh sementara tim penyelamat membongkar dinding. Para pekerja mendirikan 300 tenda bagi mereka yang kehilangan tempat tinggal di kota, dengan 600 tenda lagi dalam perjalanan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA