Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringatan 25 Tahun Genosida Srebrenica, Erdogan: Teror Rasisme Terkadang Dilindungi Pemimpin Negara-negara Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 02 November 2020, 07:54 WIB
Peringatan 25 Tahun Genosida Srebrenica, Erdogan: Teror Rasisme Terkadang Dilindungi Pemimpin Negara-negara Barat
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan kembali tentang perlunya melakukan perlawanan terhadap sentimen anti-Muslim. Hal tersebut disampaikan Erdogan dalam pidatonya saat memperingati ulang tahun ke-25 Perjanjian Perdamaian Dayton.

"Pertarungan perlu dilakukan melawan sentimen anti-Muslim hari ini, sama seperti pertempuran dilakukan melawan anti-Semitisme setelah Holocaust," kata Erdogan, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Senin (2/11).

Pada kesempatan peringatan 25 tahun dimulainya pembicaraan untuk Perjanjian Perdamaian Dayton (yang mengakhiri perang dan genosida di Bosnia dan Herzegovina pada 1 November 1995), Erdogan berbicara melalui siaran virtual dalam acara KTT tentang Genosida yang bertema 'Pelajaran yang Dipetik dari Srebrenica', yang diselenggarakan oleh Pusat Peringatan Srebrenica dan Sycamore Foundation.

"Genosida, yang terjadi 25 tahun lalu di Srebrenica, jantung Eropa, telah diukir sebagai noda hitam pada sejarah umat manusia. Meskipun telah berlalu seperempat abad, rasa sakit yang disebabkan oleh 8.372 saudara dan saudari Bosnia, dibunuh secara brutal, terus melukai hati kita," ungkapnya.

"Pada kesempatan ini, saya sekali lagi memperingati para martir yang kita cintai dengan belas kasihan dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban genosida dan rakyat Bosnia yang berduka," kata Erdogan.

Dia mengatakan bahwa sayangnya "tuntutan keadilan yang dibuat oleh mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai selama genosida tidak dipenuhi sepenuhnya, dan sebagian besar pelaku tidak menerima hukuman yang pantas."

"Mereka menyerahkan saudara dan saudari kita, yang berlindung di bawah PBB, kepada para pembunuh. Mengirim mereka sampai mati, tidak memberikan pertanggungjawaban atas perbuatan mereka. Lebih buruk lagi, umat manusia, terutama para politisi dan media Eropa, tidak mengambil pelajaran yang diperlukan dari genosida Srebrenica.

"Pembantaian yang kami saksikan di banyak bagian dunia dari Suriah hingga Yaman, Arakan hingga Selandia Baru, adalah contoh yang paling menyakitkan dari ini. Organisasi internasional yang telah menyaksikan genosida Srebrenica tetap menjadi saksi dalam menghadapi kekejaman di tahun-tahun belakangan ini."

Dia menambahkan: "Kami melihat bahwa negara-negara yang mengajarkan dunia tentang hak asasi manusia dan demokrasi, malah memimpin dalam Islamofobia dan xenofobia."

Erdogan juga menyinggung teror rasisme yang terkadang dilindungi oleh pemimpin di banyak negara barat.

"Terorisme rasis menyebar seperti wabah di banyak negara barat, terkadang dilindungi di tingkat presiden. Beratnya ancaman dan serangan yang menargetkan tempat ibadah, tempat kerja, masjid, dan bangunan lembaga non-pemerintah Muslim telah meningkat ke tingkat yang mengkhawatirkan," katanya.

Erdogan menekankan saat ini Muslim Eropa menghadapi diskriminasi sistematis, dan hak serta kebebasan mereka dirampas.

"Ini adalah waktu yang tepat untuk mengatakan 'berhenti' untuk keadaan ganas dan tindakan yang mengancam masa depan umat manusia dan budaya hidup berdampingan dari berbagai agama dan budaya," katanya.

Menurutnya, saat ini tekanan ekonomi dan ketegangan sosial semakin meningkat karena  pandemi virus corona. Tugas dan tanggung jawab mestinya ditanggung oleh semua orang dan semua pemimpin negara dengan menjunjung demokrasi, kebebasan, perdamaian, dan keadilan.

“Kita harus berani bersuara tentang kesalahan dan perbuatan jahat yang kita lihat untuk mencegah terulangnya genosida di Srebrenica dan kita harus mencari solusi bersama. Kita harus memenuhi tanggung jawab kita, tidak hanya untuk diri kita sendiri dan negara kita, tetapi juga untuk masa depan anak-anak kita," tegasnya.

Erdogan mengatakan dia berharap "peringatan 25 tahun genosida Srebrenica dan dimulainya pembicaraan untuk Perjanjian Perdamaian Dayton, akan menjadi sarana kebangkitan bagi seluruh dunia, terutama negara-negara Eropa." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA