Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hidayat Nur Wahid: Penistaan Terhadap Tokoh Agama Adalah Pelanggaran HAM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 02 November 2020, 12:58 WIB
Hidayat Nur Wahid: Penistaan Terhadap Tokoh Agama Adalah Pelanggaran HAM
Anggota Komisi I DPR RI, Hidayat Nur Wahid//Net
rmol news logo Anggota Komisi I DPR RI, Hidayat Nur Wahid mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang sudah menyampaikan kecamannya terhadap Presiden Prancis, Emmanuel Macron meski dirasa cukup telat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hidayat mengatakan yang perlu disampaikan oleh Presiden Jokowi kepada Presiden Macron agar tidak melakukan penistaan terhadap agama manapun.

"Menurut saya sih, penting sesungguhnya bahwa kebebasan berekspresi, kalau kemudian menodai kesakralan beragama, itu harus dihentikan dan tidak boleh, itu pernyataan yang benar," imbuhnya, Senin (2/11).

Sebagai anggota dewan HAM PBB, kata Wakil Ketua MPR ini, Presiden Jokowi harusnya tidak boleh membiarkan pernyataan Macron atau hanya sekadar menyampaikan kecaman semata, perlu adanya tindakan nyata.

"Mestinya, Indonesia juga sebagai anggota dewan HAM PBB mengingatkan Presiden Macron yang dia lakukan dengan membiarkan terjadinya penistaan terhadap tokoh agama, apalagi dalam hal ini adalah Nabi Muhammad, itu menurut dewan HAM PBB itu bagian dari pelangaran HAM," tegasnya.

Selain itu, Indonesia mestinya bisa menyampaikan kepada Presiden Macron bahwa ada pelanggaran HAM sejenis yang dibawa ke Mahkamah Eropa di Prancis.

Seperti kasus yang dialami seorang wanita di Austria yang menistakan Nabi Muhammad sebagai pedofilia.

"Kemudian kasus dia dibawa ke Mahkamah Eropa, tahun 2018. Apa yang terjadi? Mahmakah Eropa malah menolak banding daripada perempuan ini, penistaan terhadap tokoh agama itu telah melampaui batas kebebasan bicara itu adalah pelanggaran HAM," tegasnya.

"Mestinya Indonesia sebagai anggota dari dewan HAM menyampaikan sikap dari dua lembaga HAM agar dilaksanakan oleh pihak Macron," tandas politisi senior PKS ini menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA