Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Isolasi Mandiri Karena Kolega Positif Covid-19, Presiden Panama Tak Hadiri Upacara Kemerdekaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 03 November 2020, 12:22 WIB
Isolasi Mandiri Karena Kolega Positif Covid-19, Presiden Panama Tak Hadiri Upacara Kemerdekaan
Presiden Panama, Laurentino Cortizo/Net
rmol news logo Satu lagi pemimpin dunia harus melakukan isolasi mandiri karena melakukan kontak dengan kasus Covid-19. Ia adalah Presiden Panama, Laurentino Cortizo.

Melaporkan penyataan kantor kepresidenan, Reuters memuat, Cortizo sudah memulai isolasi pada Senin (2/11) setelah rekan kerja dekatnya terinfeksi virus corona.

Berbicara di Katedral Santa Maria la Antigua, Uskup Agung Panama Jose Domingo Ulloa mengatakan, Cortizo sudah dua kali dites negatif Covid-19, namun ia harus mematuhi protokol kesehatan dengan menjalani isolasi mandiri.

"Kami ingin mengungkapkan alasan presiden. Beliau telah mengambil tes yang ternyata negatif, tetapi beliau ingin memikul tanggung jawab untuk menjalani isolasi," kata Ulloa, mengutip Prensa.

Pengumuman isolasi Cortizo dilakukan bertepatan ketika Panama tengah memperingati Día de los Difuntos atau hari orang mati untuk menghormati para korban Covid-19.

Pada awalnya, Cortizo berencana mengikuti acara tersebut. Ia juga dijadwalkan memimpin upacara kemerdekaan atau peringatan 117 tahun pemisahan Panama dari Kolombia pada Selasa (3/11), dengan pengibaran bendera pada 06.00 pagi waktu setempat di Palacio de las Garzas.

"Kami mengonfirmasi bahwa Presiden Republik Laurentino Cortizo Cohen tidak akan berpartisipasi dalam kegiatan 3 dan 4 November secara langsung, karena kolaborator dekat Kepresidenan dinyatakan positif Covid-19," cuit kantor kepresidenan Panama, @presidenciapma.

Per Senin, Panama melaporkan 738 kasus baru Covid-19 sehingga totalnya menjadi 134.336 dengan 2.706 kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA