Farah.ID
Farah.ID

Para Pemimpin Dunia Sampaikan Duka Atas Serangan Teror Wina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 03 November 2020, 14:39 WIB
Para Pemimpin Dunia Sampaikan Duka Atas Serangan Teror Wina
Aparat keamanan di Wina, Austria ketika berada di lokasi serangan teror pada Senin malam, 2 November 2020/Net
Serangan teror di Wina, Austria kembali menjadi awan mendung di dunia yang tengah dilanda berbagai masalah, termasuk pandemi Covid-19.

Insiden yang terjadi pada Senin malam (2/11) tersebut membuat sedikitnya tiga orang meninggal, salah satu penyerang, dan sekitar 15 lainnya terluka.

Menanggapi aksi teror, Kanselir Austria Sebastian Kurz langsung mengaktifkan penyelidikan besar-besaran.

Di sisi lain, seperti dimuat Al Jazeera, sejumlah pemimpin dunia, khususnya Eropa menyatakan duka dan kecamannya atas serangan tersebut. Mereka juga memberikan dukungan solidaritas untuk Austria dan para korban.

Salah satu tokoh yang pertama menyatakan kecamannya adalah Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Di mana beberapa waktu terakhir Prancis juga mengalami dua serangan teror yang kurang lebih serupa.

"Setelah Prancis, negara sahabat telah diserang. Ini Eropa kita. Musuh harus tahu dengan siapa mereka berurusan. Kita tidak akan mundur,"kata Macron.

Setelah itu, Kanselir Jerman Angela Merkel juga menyampaikan kecamannya sembari memberikan dukungan solidaritas pada Australia.

"Dalam waktu-waktu mengerikan ini, Wina menjadi sasaran kekerasan teroris. Pikiran saya tertuju pada orang-orang di sana dan pasukan keamanan yang menghadapi bahaya," kata Merkel pada Selasa (3/11).

“Kami orang Jerman berdiri dalam simpati dan solidaritas dengan teman-teman Austria kami. Perang melawan terorisme Islam adalah perjuangan kita bersama," lanjutnya.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson pun mengaku terkejut dengan insiden yang ia gambarkan sebagai "serangan mengerikan" di Wina. Hal yang kurang lebih sama juga disampaikan oleh Presiden Dewan Eropa, Charles Michel.

Baik Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte juga mengutuk keras penembakkan yang terjadi di Austria sembari meyatakan solidaritasnya.

"Kami sedih menerima kabar bahwa ada korban tewas dan luka-luka akibat serangan teroris yang terjadi di Wina. Kami mengutuk keras serangan ini, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga mereka yang kehilangan nyawa dan berharap pemulihan cepat bagi yang terluka," ujar Kementerian Luar Negeri Turki.

"Sebagai negara yang telah berperang melawan segala macam terorisme selama beberapa dekade, Turki berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Austria," sambung pernyataan tersebut.

Di Amerika Serikat (AS), baik Presiden Donald Trump maupun lawannya dari Partai Demokrat Joe Biden, juga telah menyampaikan kecaman terhadap serangan tersebut.

Sejumlah pemimpin negara lain yang menyampaikan belasungkawanya adalah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

ARTIKEL LAINNYA