Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Armenia Punya Bukti-bukti Campur Tangan Israel Dan Turki Dalam Konflik Nagorno-Karabakh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 04 November 2020, 05:37 WIB
Armenia Punya Bukti-bukti Campur Tangan Israel Dan Turki Dalam Konflik Nagorno-Karabakh
erdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan/Net
rmol news logo Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan dengan tajam mengutuk Israel yang telah bersekutu dengan Turki untuk mendukung Azerbaijan di tengah sengketa dengan Armenia yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 1.300 orang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam wawancara ekslusif dengan The Jerusalem Post, Pashinyan juga mengungkapkan kekecewaannya bahwa Israel juga menggandeng teroris dan tentara bayaran Suriah untuk sama-sama membantu Azerbaijan dalam agresinya terhadap Armenia. Jelas ini akan membuat Armenia lebih menderita lagi atas kesepakatan jahat itu.

Yerusalem mempersenjatai Azerbaijan, yang katanya dimaksudkan untuk "melakukan genosida terhadap orang-orang Armenia di Nagorno-Karabakh."

Keterlibatan Israel dalam sengketa itu, menurut Pashinyan, ditandai dengan hadirnya pesawat pengindai UAV Israel yang secara aktif digunakan dalam perang melawan Nagorno-Karabakh.

Pashinyan pun menegaskan agar Yerusalem mundur selangkah dan mempertanyakan siapa mitranya dalam konflik ini.

Armenia telah memanggil kembali duta besarnya untuk Israel sebagai protes atas penjualan senjata ke Azerbaijan.

"Saya pikir Israel harus memikirkan hal-hal berikut," kata Pashinyan. “Tentara bayaran, teroris Islam, dan Israel, sekarang berada di pihak yang sama (Azerbaijan). Jadi Israel harus berpikir, apakah ini benar-benar posisi yang nyaman?"

Pashinyan menyimpulkan bahwa keterlibatan tentara bayaran Turki dan Suriah dalam konflik di Nagorno Karabakh telah memperumit situasi.

“Kehadiran mereka di kawasan itu merupakan ancaman, tidak hanya bagi Nagorno-Karabakh tetapi juga bagi Iran. Ya, Iran dan Rusia telah menyatakan bahwa mereka sebagai ancaman,” katanya.

Pashinyan dengan tegas menguraikan, jika sebelumnya hanya ada bukti tidak langsung bahwa Turki memobilisasi tentara bayaran Suriah untuk berperang di Azerbaijan, sekarang bukti-bukti itu telah sangat nyata sejak dua tentara bayaran baru-baru ini ditangkap oleh pasukan Nagorno-Karabakh.

“Salah satu dari mereka telah bersaksi secara komprehensif, dan mengatakan bahwa dia tinggal di kamp pengungsi Suriah yang dikendalikan Turki. Dia menggambarkan bagaimana dia direkrut, menggambarkan di mana mereka bersepakat, dan bagaimana mereka melintasi perbatasan ke Turki di sebuah pos pemeriksaan resmi," ungkap Pashinyan, seperti dikutip dari Radio of Armenia, Selasa (3/11).

Pashinyan mengatakan tentara bayaran itu dijanjikan dua ribu dolar AS, sebulan.

Perdana menteri mengatakan bahwa apa yang sangat berbahaya tentang situasi ini, dan mengapa komunitas internasional harus segera mengambil tindakan, adalah karena semua itu mewakili modus operandi Turki: 'mekanisme' untuk tujuannya memulihkan Kekaisaran Ottoman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA