Farah.ID
Farah.ID

Usai Serangan Di Prancis Dan Austria, Inggris Tingkatkan Level Ancaman Teror

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 04 November 2020, 11:14 WIB
Usai Serangan Di Prancis Dan Austria, Inggris Tingkatkan Level Ancaman Teror
Inggris meningkatkan level ancaman teror/Net
Pemerintah Inggris telah meningkatkan level ancaman terorisme menjadi "parah", setelah serangan yang terjadi di Prancis dan Austria beberapa waktu terakhir.

Menteri Dalam Negeri Priti Patel pada Selasa (3/11) mengumumkan, peningkatan level itu berarti serangan teror dipandang sangat mungkin terjadi di Inggris.

"Ini adalah tindakan pencegahan menyusul kejadian mengerikan yang kami lihat di Prancis pekan lalu, dan peristiwa yang kami lihat di Austria tadi malam," kata Patel dalam pernyataan yang disiarkan di televisi, seperti dikutip Reuters.

Meski begitu, Patel mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dan perubahan tingkat ancaman tidak didasarkan pada ancaman tertentu.

Sebelumnya, level ancaman terorisme di Inggris berada pada "substansial" atau yang berarti ada potensi serangan.

Peningkatan sendiri merupakan hasil penilaian Pusat Analis Terorisme Bersama yang menjadi unit dari badan intelijen domestik MI5 dan terdiri dari perwakilan 16 departemen serta badan pemerintah.

Sehari sebelumnya, serangan teror terjadi di Wina, Austria yang membuat empat orang meninggal dunia, termasuk satu penyerang, dan belasan lainnya terluka.

Sementara itu selama beberapa pekan terakhir, Prancis mengalami dua serangan teror yang meliputi pemenggalan guru di Paris dan Nice.

ARTIKEL LAINNYA