Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Minyak Naik Gara-gara Trump Asal Klaim Kemenangan Dalam Pilpres AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 04 November 2020, 19:43 WIB
Harga Minyak Naik Gara-gara Trump Asal Klaim Kemenangan Dalam Pilpres AS
Capres petahanan Donald Trump (kiri) mengklaim sepihak kemenangannya atas pesaingnya, Joe Biden (kanan)/Net
rmol news logo Harga minyak mengalami kenaikan hampir 3 persen pada Rabu (4/11), setelah Presiden Amerika Serikat yang juga merupakan calon presiden petahana Donald Trump mengklaim bahwa dia memenangkan pemilu presiden.

Dalam pidatonya Rabu (4/11) dini hari waktu setempat, Trump mengumumkan kemenangannya di sejumlah negara bagian yang menjadi medan pertempuran dalam pilpres Amerika Serikat tahun ini, seperti Florida, Texas, Georgia, North Carolina dan Pennsylvania.

Padahal, hasil akhir pemilu belum dirilis dan jutaan suara masih dalam proses perhitungan.

Klaim kemenangan sepihak yang dilontarkan oleh Trump dianggap sebagai bullish atau sentimen pasar untuk harga minyak. Hal itu terkait dengan sanksi Amerika Serikat terhadap Iran serta dukungan negeri Paman Sam untuk pemotongan minyak OPEC yang dipimpin Arab Saudi untuk mendukung harga.

Kemenangan Trump dari pesaingnya, Joe Biden akan terlihat sebagai sebuah penurunan. Mengingat Biden memiliki kecenderungan akan kebijakan yang lebih "hijau" serta sikapnya yang lebih lembut terhadap Iran.

Data yang dipublikasikan Reuters menunjukkan, pasca klaim sepihak Trump itu, West Texas Intermediate naik 1,03 sen, atau 2,66%, menjadi 38,69 dolar AS per barel pada 0955 GMT.

Sedangkan minyak mentah Brent naik 1,09 sen, atau 2,67%, menjadi 40,80 dolar AS per barel pada waktu yang sama.

"Ini (potensi kemenangan Trump) adalah bullish untuk minyak karena OPEC+ dapat terus melakukan pemotongan tanpa khawatir bahwa pasokan minyak Iran akan kembali ke pasar dalam waktu dekat," kata analis dari SEB Group, Bjarne Schieldrop. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA