Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Kosovo Hashim Thaci Mengundurkan Diri, Langsung Ditahan Pengadilan Den Haag

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 06 November 2020, 07:50 WIB
Presiden Kosovo Hashim Thaci Mengundurkan Diri, Langsung Ditahan Pengadilan Den Haag
Presiden Kosovo Hashim Thaci/Net
rmol news logo Presiden Kosovo Hashim Thaci dilaporkan langsung ditahan di Pengadilan Kosovo di Den Haag, beberapa jam pasca dirinya mengumumkan pengunduran diri secara mendadak untuk menghadapi dakwaan dari pengadilan kejahatan perang pada hari Kamis (5/11) waktu setempat.

Pria 52 tahun itu mengatakan dia akan mundur untuk 'melindungi integritas' kepresidenan setelah pengadilan mengkonfirmasi dakwaan terhadapnya sejak konflik 1990-an dengan Serbia, ketika Thaci menjadi kepala politik tentara pemberontak Kosovo .

"Saya akan bekerja sama erat dengan keadilan. Saya percaya pada kebenaran, rekonsiliasi, dan masa depan negara dan masyarakat kita," katanya pada konferensi pers di ibu kota Pristina, seperti dikutip dari AFP, Jumat (6/11).

Tak lama, pengadilan mengumumkan bahwa Thaci ditangkap dan dipindahkan ke fasilitas penahanan pengadilan di Den Haag, pada Kamis (5/11) malam waktu setempat.

Mantan perdana menteri, yang menjadi presiden sejak 2016 itu, telah lama bersikeras tidak bersalah atas perang yang oleh banyak orang Kosovo dianggap sebagai perjuangan 'adil' untuk kemerdekaan mereka dari penindasan Serbia.

Penduduk mayoritas etnis Albania di Kosovo sangat menderita selama konflik yang merenggut tiga belas ribu nyawa dan berakhir hanya setelah pemboman NATO yang akhirnya memaksa pasukan Serbia mundur dari provinsi itu.

Pejabat militer dan polisi Serbia kemudian dihukum oleh pengadilan internasional atas kejahatan perang.

Tetapi para pemimpin pemberontak Tentara Pembebasan Kosovo (KLA) - banyak di antaranya telah mendominasi politik - juga dituduh melakukan serangan balas dendam terhadap Serbia, Roma, dan rival etnis Albania selama dan setelah perang.

Pada bulan Juni, jaksa penuntut dari Kosovo Specialist Chambers (KSC) yang bermarkas di Den Haag menuduh Thaci dan yang lainnya "bertanggung jawab secara pidana atas hampir 100 pembunuhan" di samping kejahatan lain termasuk penghilangan paksa orang, penganiayaan, dan penyiksaan.

Thaci sendiri tidak mengatakan tentang tuduhan spesifik yang didakwakan kepadanya, saat dia mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis kemarin.

Didirikan dengan dukungan Uni Eropa lima tahun lalu, KSC beroperasi di bawah hukum Kosovo tetapi berbasis di Belanda untuk melindungi para saksi dari intimidasi dalam masyarakat di mana mantan komandan pemberontak sangat berpengaruh.

Jaksa telah dua kali menuduh Thaci mencoba merusak pekerjaan pengadilan.

Di rumah, Thaci bukanlah pahlawan bagi semua.

Bagi para kritikus mengatakan, ia telah menjadi wajah elit politik yang korup dan salah urusnya yerhadap negara tidak banyak membantu orang Kosovo keluar dari kemiskinan yang parah.

Tetapi beberapa orang Albania Kosovo akan mengkritik warisan KLA, dengan suara dari seluruh spektrum politik yang membela perang setelah Thaci pertama kali dituduh.

Dua puluh tahun kemudian, hubungan antara Kosovo dan Serbia masih tegang dan rumit, dengan penolakan Beograd untuk mengakui kemerdekaan yang dideklarasikan Pristina pada 2008. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA