Presiden Kosovo Hashim Thaci Mengundurkan Diri, Langsung Ditahan Pengadilan Den Haag

Presiden Kosovo Hashim Thaci/Net

Presiden Kosovo Hashim Thaci dilaporkan langsung ditahan di Pengadilan Kosovo di Den Haag, beberapa jam pasca dirinya mengumumkan pengunduran diri secara mendadak untuk menghadapi dakwaan dari pengadilan kejahatan perang pada hari Kamis (5/11) waktu setempat.

Pria 52 tahun itu mengatakan dia akan mundur untuk 'melindungi integritas' kepresidenan setelah pengadilan mengkonfirmasi dakwaan terhadapnya sejak konflik 1990-an dengan Serbia, ketika Thaci menjadi kepala politik tentara pemberontak Kosovo .

"Saya akan bekerja sama erat dengan keadilan. Saya percaya pada kebenaran, rekonsiliasi, dan masa depan negara dan masyarakat kita," katanya pada konferensi pers di ibu kota Pristina, seperti dikutip dari AFP, Jumat (6/11).

Tak lama, pengadilan mengumumkan bahwa Thaci ditangkap dan dipindahkan ke fasilitas penahanan pengadilan di Den Haag, pada Kamis (5/11) malam waktu setempat.

Mantan perdana menteri, yang menjadi presiden sejak 2016 itu, telah lama bersikeras tidak bersalah atas perang yang oleh banyak orang Kosovo dianggap sebagai perjuangan 'adil' untuk kemerdekaan mereka dari penindasan Serbia.

Penduduk mayoritas etnis Albania di Kosovo sangat menderita selama konflik yang merenggut tiga belas ribu nyawa dan berakhir hanya setelah pemboman NATO yang akhirnya memaksa pasukan Serbia mundur dari provinsi itu.

Pejabat militer dan polisi Serbia kemudian dihukum oleh pengadilan internasional atas kejahatan perang.

Tetapi para pemimpin pemberontak Tentara Pembebasan Kosovo (KLA) - banyak di antaranya telah mendominasi politik - juga dituduh melakukan serangan balas dendam terhadap Serbia, Roma, dan rival etnis Albania selama dan setelah perang.

Pada bulan Juni, jaksa penuntut dari Kosovo Specialist Chambers (KSC) yang bermarkas di Den Haag menuduh Thaci dan yang lainnya "bertanggung jawab secara pidana atas hampir 100 pembunuhan" di samping kejahatan lain termasuk penghilangan paksa orang, penganiayaan, dan penyiksaan.

Thaci sendiri tidak mengatakan tentang tuduhan spesifik yang didakwakan kepadanya, saat dia mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis kemarin.

Didirikan dengan dukungan Uni Eropa lima tahun lalu, KSC beroperasi di bawah hukum Kosovo tetapi berbasis di Belanda untuk melindungi para saksi dari intimidasi dalam masyarakat di mana mantan komandan pemberontak sangat berpengaruh.

Jaksa telah dua kali menuduh Thaci mencoba merusak pekerjaan pengadilan.

Di rumah, Thaci bukanlah pahlawan bagi semua.

Bagi para kritikus mengatakan, ia telah menjadi wajah elit politik yang korup dan salah urusnya yerhadap negara tidak banyak membantu orang Kosovo keluar dari kemiskinan yang parah.

Tetapi beberapa orang Albania Kosovo akan mengkritik warisan KLA, dengan suara dari seluruh spektrum politik yang membela perang setelah Thaci pertama kali dituduh.

Dua puluh tahun kemudian, hubungan antara Kosovo dan Serbia masih tegang dan rumit, dengan penolakan Beograd untuk mengakui kemerdekaan yang dideklarasikan Pristina pada 2008.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Sebelum Mbak You, Arief Poyuono Sudah Ramalkan Kalabendu

Jumat, 15 Januari 2021
Video

BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan

Jumat, 15 Januari 2021
Video

RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia

Senin, 18 Januari 2021

Artikel Lainnya

Pidato Perpisahan Donald Trump: Saya Pergi Dari Tempat Megah Ini Dengan Hati Yang Setia Dan Gembira
Dunia

Pidato Perpisahan Donald Tru..

20 Januari 2021 07:52
Irak Tunda Pemilu Hingga Oktober, Aktivis:  Ini Seperti Tusukan Terhadap Tuntutan Kami
Dunia

Irak Tunda Pemilu Hingga Okt..

20 Januari 2021 07:21
Putin Dicurigai Ada Di Balik Kerusuhan Capitol Hill, Hillary Clinton Dan Nancy Pelosi Desak Kongres AS Bentuk Tim Investigasi
Dunia

Putin Dicurigai Ada Di Balik..

20 Januari 2021 06:58
Hitungan Jam Jelang Pelantikan Biden, Washington DC Bagai Kota Hantu Yang Dijaga Tentara
Dunia

Hitungan Jam Jelang Pelantik..

20 Januari 2021 06:33
Pakar Kesehatan Ragukan Target Herd Immunity Covid-19 Korsel
Dunia

Pakar Kesehatan Ragukan Targ..

19 Januari 2021 23:36
Meksiko Siap Suntik 7,4 Juta Dosis Vaksin Sputnik V Pada Akhir Maret
Dunia

Meksiko Siap Suntik 7,4 Juta..

19 Januari 2021 23:10
Maroko Dapat Dukungan 40 Negara Atas Solusi Otonomi Di Sahara
Dunia

Maroko Dapat Dukungan 40 Neg..

19 Januari 2021 23:00
Argentina Diguncang Gempa Berkekuatan 6,8 M, Gubernur Sergio Unac Minta Warga Tetap tenang
Dunia

Argentina Diguncang Gempa Be..

19 Januari 2021 16:53