Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ucapkan Selamat Untuk Joe Biden, PM Kanada Optimistis Hubungan Dagang Kedua Negara Akan Lebih Baik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 08 November 2020, 04:21 WIB
Ucapkan Selamat Untuk Joe Biden, PM Kanada Optimistis Hubungan Dagang Kedua Negara Akan Lebih Baik
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, menyambut gembira terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden AS/Net
rmol news logo Terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 disambut baik oleh Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. Harapan untuk memperbaiki hubungan dagang kedua negara pun kembali membesar.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Saya sudah tidak sabar untuk menjalin kerja sama dengan Presiden (AS) terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris, Kongres AS untuk sama-sama melalui tantangan yang ada," demikian pernyataan Trudeau, dikutip AFP, Minggu (8/11).

Wajar jika Trudeau cukup gembira Biden yang terpilih sebagai Presiden AS. Pasalnya, selama dipimpin Trump, hubungan ekonomi antara AS dan Kanada berlangsung panas.

Bahkan secara pribadi, Trudeau punya hubungan kurang baik dengan Trump. Di mana Trump pernah menyebut Trudeau sebagai orang yang "sangat tidak jujur dan lemah" usai menetapkan bea masuk tinggi bagi produk asal AS.

Diketahui, Trump lebih dulu menerapkan bea masuk yang tinggi atas aluminium dan besi asal Kanada pada Juni 2018, di tengah proses negosisasi kesepakatan perdagangan bebas antara AS, Kanada, dan Meksiko atau dikenal dengan sebutan USMCA.

Pihak Kanada pun membalas dengan mengenakan tarif atas banyak produk AS. Mulai dari besi, aluminium, saus, perahu, hingga mesin pemotong rumput.

Trudeau sendiri menolak terbang ke Washington, saat USMCA diluncurkan awal tahun ini. Terutama setelah Trump menyatakan akan kembali mengenakan tarif bea masuk bagi produk asal Kanada. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA