Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

45 Tahun Gerakan Hijau, Raja Mohammed VI Ingatkan Pentingnya Investasi Maritim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 09 November 2020, 01:24 WIB
45 Tahun Gerakan Hijau, Raja Mohammed VI Ingatkan Pentingnya Investasi Maritim
Raja Maroko, Mohammed VI/Net
rmol news logo Rakyat Maroko tengah merayakan hari peringatan Green March atau Gerakan Hijau yang ke-45 pada 8 November 2020.

Gerakan Hijau sendiri merupakan sebuah gerakan massa yang dikoordinir oleh pemerintah Maroko untuk mendorong Spanyol menyelesaikan persoalan Sahara Barat dengan memasukkannya ke dalam teritorial Maroko.

Pada peringatan tahun ini, Raja Maroko, King Mohammed VI menyampaikan sejumlah maklumat penting. Diantaranya, pentingnya membangun investasi maritim.

Berikut petikan lengkap pidato Raja Mohammed Vi kepada rakyat Maroko pada peringatan 45 tahun Gerakan Hijau:

"Alhamdulillah,

Semoga kedamaian dan berkah menyertai Nabi, Kawan dan Kerabatnya

Warga yang terhormat,

Gerakan Hijau, ulang tahun keempat puluh lima yang kita rayakan hari ini, adalah contoh unik dari mobilisasi, disiplin, dan mengejar apa yang adil.

Memang, orang Maroko menanggapi secara spontan dan dengan rasa patriotisme yang tulus terhadap panggilan arsitek Gerakan Hijau, ayah saya yang terhormat Yang Mulia Raja Hassan II-Tuhan memberkati jiwanya.

Melalui gerakan damai, yang memungkinkan negara kami memulihkan provinsi selatannya, orang Maroko membuktikan kepada dunia kemampuan mereka untuk bangkit menghadapi tantangan dan membuat sejarah.

Gerakan Hijau bukan sekadar titik balik dalam penyelesaian integritas teritorial kita. Ini adalah proses berkelanjutan di mana kami mengonfirmasi keaslian Maroko Sahara di arena internasional, menjadikan perayaannya sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat kawasan dan benua.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi perkembangan nyata di beberapa bidang:

Di PBB, resolusi Dewan Keamanan terbaru telah meletakkan pendekatan dan proposal yang sudah ketinggalan zaman dan tidak realistis.

Resolusi-resolusi tersebut juga menuntut partisipasi nyata dari pihak-pihak yang sebenarnya terkait dalam konflik regional ini dan telah mendukung solusi politik berdasarkan realisme dan konsensus sebagai jalan ke depan.

Kebijakan ini sejalan dengan Moroccan Autonomy Initiative, yang didukung oleh Dewan Keamanan dan kekuatan berpengaruh sebagai satu-satunya tindakan normal untuk menyelesaikan perselisihan ini.

Di tingkat Uni Afrika, dan dengan kembalinya Maroko ke keluarga Afrika-nya, organisasi pan-Afrika ini telah membebaskan dirinya dari manipulasi yang telah dilakukan selama bertahun-tahun.

Uni Afrika kini telah mengambil sikap konstruktif, yang terdiri dari memberikan dukungan penuh melalui Sekretaris Jenderal PBB dan Dewan Keamanan kepada Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai satu-satunya lembaga yang bertanggung jawab.

Di bidang hukum dan diplomatik, sejumlah negara saudara telah membuka konsulat jenderal di kota Laayun dan Dakhla, dengan demikian secara eksplisit dan tegas mengakui Sahara Maroko. Dengan demikian, mereka membuktikan keamanan, stabilitas, dan kemakmuran yang dinikmati oleh penduduk provinsi selatan kami.

Pada saat yang sama, sebagian besar komunitas internasional menolak untuk mendukung pandangan yang dijajakan oleh pihak lain. Akibatnya, jumlah negara yang tidak mengenal entitas fiktif tersebut kini mencapai 163, atau 85 persen dari negara anggota PBB.

Tren ini semakin diperkuat oleh adopsi posisi konstruktif oleh kekuatan global melalui, misalnya, penyelesaian kemitraan strategis dan ekonomi yang menggabungkan tanpa pengecualian atau reservasi provinsi selatan kerajaan, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari wilayah Maroko. .

Mengingat hal di atas, Maroko menegaskan kembali komitmennya yang tulus untuk bekerja sama dengan Yang Mulia Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa, dalam kerangka resolusi Dewan Keamanan terkait untuk mencapai solusi akhir berdasarkan Autonomy Initiative.

Maroko tidak akan goyah dalam posisinya. Juga tidak akan terpengaruh, dengan cara apapun, oleh provokasi yang tidak berguna dan skema putus asa dari pihak lain, yang membuktikan terburu-buru, sekarang klaim mereka yang sudah ketinggalan zaman telah gagal.

Dalam hal ini, kami dengan tegas menolak praktik yang tidak dapat diterima yang dirancang untuk mengganggu arus lalu lintas normal antara Maroko dan Mauritania, mengubah status hukum dan historis wilayah timur tanggul, atau mengeksploitasi sumber daya kawasan secara ilegal.

Seperti biasa, Maroko tidak hanya akan terus mematuhi dan menjunjung tinggi logika dan kebijaksanaan, tetapi juga akan menanggapi, dengan ketegasan dan tekad yang tinggi, untuk setiap praktik atau upaya yang dirancang untuk merusak keamanan dan stabilitas provinsi selatannya.

Saya yakin PBB dan MINURSO akan terus menjalankan tugasnya dalam hal menjaga gencatan senjata di kawasan.

Warga yang terhormat,

Komitmen saya untuk menegaskan kembali Sahara Maroko sama gigihnya dengan upaya saya untuk menjadikan Sahara sebagai mesin pembangunan di tingkat regional dan kontinental.

Untuk melengkapi proyek-proyek besar yang dilaksanakan di provinsi-provinsi selatan kami. Saya pikir sudah waktunya untuk mengeksploitasi potensi maritim yang sangat besar di kawasan itu.

Dalam hal ini, Maroko tahun ini telah menyelesaikan demarkasi batas maritimnya dan memasukkannya ke dalam perundang-undangannya, sesuai dengan hukum internasional.

Maroko akan tetap berkomitmen untuk berdialog dengan tetangganya, Spanyol, mengenai tumpang tindih antara perairan teritorial kedua negara sahabat, konsisten dengan ketentuan hukum laut dan sesuai dengan semangat kemitraan mereka, menghindari keputusan sepihak atau fait compli.

Garis batas wilayah maritim yang berada di bawah kedaulatan Kerajaan akan mendukung rencana yang dirancang untuk mempromosikan kebijakan ekonomi dan sosial yang dinamis saat ini di wilayah tersebut.

Sejalan dengan visi ini, pantai Atlantik di sebelah selatan kerajaan, berbatasan dengan Sahara Maroko, akan berfungsi sebagai wilayah untuk pencapaian komplementaritas ekonomi serta keunggulan benua dan internasional.

Selain Tanger-Med yang merupakan pelabuhan pertama di Afrika, Dakhla Atlantique akan berkontribusi untuk mencapai tujuan ini.

Saya akan terus bekerja untuk pengembangan ekonomi maritim yang nyata di provinsi-provinsi ini, yang sangat saya hargai. Memang, mereka memiliki sumber daya dan kemampuan yang signifikan yang dapat membuat mereka bertindak sebagai jembatan antara Maroko dan akar Afrika-nya.

Dalam hal ini, penting untuk berinvestasi di wilayah laut, baik yang berkaitan dengan desalinasi air laut atau energi terbarukan, untuk tujuan ini mengeksploitasi generator turbin angin dan energi pasang surut.

Sejalan dengan itu, kita harus terus mengembangkan sektor perikanan, mengingat perannya dalam mendorong perekonomian daerah. Hal ini juga akan memberikan dorongan segar bagi Plan Halieutis, menjadikannya pilar strategis untuk merevitalisasi sektor pariwisata, menjadikan kawasan ini sebagai destinasi unggulan wisata pantai.

Warga yang terhormat,

Kesetiaan pada semangat Gerakan Hijau dan sumpahnya yang tidak dapat diubah mengharuskan semua orang Maroko untuk tetap dimobilisasi dan waspada serta bekerja dengan cara yang rajin dan bertanggung jawab untuk menghadapi tantangan internal maupun eksternal.

Kita semua harus mengingat semangat Gerakan Hijau dan nilai-nilai yang mendasari acara itu untuk terus maju dengan pembangunan ekonomi dan sosial, membela kepentingan kita dan tujuan kita yang adil, dan meningkatkan status Maroko di tingkat regional dan internasional.

Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengenang para martir pemberani Maroko, dan memberi hormat kepada Angkatan Bersenjata Kerajaan dan badan-badan keamanan kami karena terus-menerus dimobilisasi, di bawah kepemimpinan saya, untuk mempertahankan persatuan tanah air kami dan menjaga keamanan dan stabilitasnya.

Wassalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh.
rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA