Suami Kamala Harris Menjadi Laki-laki Yahudi Pertama Yang Beristrikan Wakil Presiden

Kamala Harris dan suaminya Doug Emhoff/Net

Kamala Harris telah mengukir sejarah sebagai wanita pertama dan wakil presiden AS pertama berkulit hitam. Sementara Doug Emhoff, suaminya, dia akan menjadi laki-laki Yahudi pertama yang menjadi suami orang kedua di lingkungan Gedung Putih.

Kamala dan Emhoff, yang menikah pada 2014 itu juga akan menjadi pasangan ras campuran pertama yang menempati posisi mereka. Emhoff berkulit putih sementara Kamala adalah putri dari imigran India dan Jamaika. Kesamaannya satu, sama-sama berumur 56 tahun.

Emhof juga menjadi orang Yahudi pertama yang beristeri wakil presiden. Selama ini tidak ada orang Yahudi yang pernah terpilih untuk menduduki jabatan tertinggi atau tertinggi kedua di negeri itu, meskipun suami dari putri Presiden AS Donald Trump, Ivanka Trump, yakni Jared Kushner adalah orang Yahudi.

Emhoff, 56, sering terlihat di jalur kampanye bersama istrinya, dan seperti para pendukungnya dengan bangga menyatakan diri mereka sebagai bagian dari #KHive, Emhoff memiliki penggemar #DougHive sendiri di media sosial, seperti dikutip dari Time of Israel, Minggu (8/11).

Emhoff, yang dianggap sebagai "senjata rahasia" dalam perjalanan kampanye untuk istrinya - bahkan mendapatkan pengikut sendiri di media sosial - adalah seorang pengacara yang berspesialisasi dalam hukum media, olahraga, dan hiburan.

Belum jelas peran apa yang akan diukir Emhoff untuk dirinya sendiri setelah Harris mengambil jabatan sebagai 'orang nomor dua AS'.

Dia mengambil cuti pada bulan Agustus dari perusahaan multinasional DLA Piper, yang memiliki kantor lobi di Washington. Itu dapat menimbulkan konflik kepentingan yang tajam dengan pekerjaan Harris.

Emhoff secara terbuka tidak menjelaskan tentang apakah dia akan tetap bersama perusahaan, meskipun dirinya telah mengatakan kepada pewawancara bahwa dia mungkin ingin melanjutkan pekerjaan hukum pro bono.

Teman-teman menggambarkan Emhoff sebagai seorang Yahudi yang kurang jeli, tetapi dia disebut sangat dekat dan sangat dipengaruhi oleh Yudaisme.

Lahir di Brooklyn dan dibesarkan di New Jersey, Emhoff dikatakan memiliki kenangan indah tentang perkemahan musim panas Yahudi, di mana dia memenangkan penghargaan atletik.

Saat di sekolah menengah, ayahnya memindahkan keluarga ke Los Angeles. Emhoff memperoleh gelar sarjana hukum di University of Southern California, kemudian bekerja di firma hukum lain sebelum mencapai DLA Piper.

Ketika Emhoff bertemu Harris pada kencan buta yang diatur oleh teman-temannya, itu adalah "cinta pada pandangan pertama," katanya kemudian.

Anak-anaknya melalui pernikahan pertamanya, Cole dan Ella, menerima kehadiran ibu tiri mereka dengan julukan 'Momala' yang terinspirasi bahasa Yiddish.

Mantan istri Emhoff, Kerstin Mackin, tetap ramah dan bahkan bergabung dengan keluarga saat Thanksgiving.

Secara kebetulan, 'suami dari orang nomor dua AS' itu memiliki satu kesamaan dengan Donald Trump: keduanya adalah penyuka olah raga golf.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Jumat, 22 Januari 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • JK, Buat Kejutan Apa di 2024?

Selasa, 26 Januari 2021
Video

Klarifikasi Ambroncius Nababan

Selasa, 26 Januari 2021

Artikel Lainnya

Dapat Konfirmasi Senat, Antony Blinken Resmi Jadi Menteri Luar Negeri AS
Dunia

Dapat Konfirmasi Senat, Anto..

27 Januari 2021 08:02
Perkuat Sektor Pertahanan, Kenya Borong 118 Kendaraan Militer Canggih Dari Turki
Dunia

Perkuat Sektor Pertahanan, K..

27 Januari 2021 07:52
Inggris Lampaui Angka 100 Ribu Kematian, Boris Johnson Sampaikan Rasa Sedihnya
Dunia

Inggris Lampaui Angka 100 Ri..

27 Januari 2021 07:44
Priti Patel Tangkis Pernyataan Mantan Pejabat Tinggi Soal Aturan Karantina Inggris
Dunia

Priti Patel Tangkis Pernyata..

27 Januari 2021 07:16
Perkuat Hubungan Diplomatik, Sudan Dan Israel Sepakat Bangun Kantor Kedutaan Dalam Waktu Dekat
Dunia

Perkuat Hubungan Diplomatik,..

27 Januari 2021 07:02
Iran Dan Rusia Makin Kompak, Teken Kerja Sama Keamanan Siber
Dunia

Iran Dan Rusia Makin Kompak,..

27 Januari 2021 06:48
Ketua Partai MHP Minta Joe Biden Tak Ulangi Kegagalan Donald Trump Di Turki
Dunia

Ketua Partai MHP Minta Joe B..

27 Januari 2021 06:37
Inggris Berkolaborasi Dengan UE Pastikan Rantai Pasokan Vaksin
Dunia

Inggris Berkolaborasi Dengan..

27 Januari 2021 06:27