Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perhitungan Suara Belum Beres, Partai Besutan Aung San Suu Kyi Sudah Deklarasi Kemenangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 09 November 2020, 17:57 WIB
Perhitungan Suara Belum Beres, Partai Besutan Aung San Suu Kyi Sudah Deklarasi Kemenangan
Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) mengklaim kemenangan pemilu Myanmar 2020/Net
rmol news logo Proses perhitungan suara masih berlanjut namun Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) di Myanmar sudah mengklaim kemenangannya.

Partai yang digawangi oleh Aung San Suu Kyi itu pada Senin (9/11) menyatakan lebih memenangkan cukup kursi untuk menjadi mayoritas mutlak di parlemen dan mempertahankan kekuasaan.

"Saya sekarang dapat mengonfirmasi bahwa kami sekarang mendapatkan lebih dari 322 kursi," klaim jurubicara NLD, Monywa Aung Shin, seperti dikutip dari AP.

"Kami menargetkan total 377 kursi. Tapi sepertinya lebih dari," tambahnya.

Sejauh ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri belum merilis hasil pemilu yang digelar pada Minggu (8/11) itu secara resmi. KPU mengatakan, dipelukan waktu sekitar satu pekan untuk merilis hasilnya secara lengkap.

Walaupun pamor NLD sempat turun karena rusaknya hubungan dengan partai berbasis etnis minoritas, namun partai besutan Suu Kyi itu tetap masih diharapkan menang.

Dalam beberapa bulan terakhir, Suu Kyi aktif muncul di media pemerintah untuk menggaungkan visinya berjuang melawan virus corona.

Ada 642 kursi di parlemen yang diperebutkan oleh 90 partai saat ini. Di mana 37 orang berhak memberikan suara, termasuk 5 juta pemilih muda.

Pada pemilu 2015, NLD berhasil menang telak dan mengakhiri lima dekade pemerintahan junta militer. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA