Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Joe Biden Menang Pilpres: Turki, Rusia, Dan China Menunggu Saat Yang Tepat Untuk Beri Selamat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 10 November 2020, 08:50 WIB
Joe Biden Menang Pilpres: Turki, Rusia, Dan China Menunggu Saat Yang Tepat Untuk Beri Selamat
Presiden terpilih AS Joe Biden/Net
rmol news logo Di saat sejumlah pemimpin dunia telah mengirim ucapan selamat atas kemenangan Joe Biden dalam pilpres AS, hingga saat ini baik Presiden Rusia Vladimir Putin maupun sekutunya Presiden China Xi Jinping  masih belum melakukan hal serupa. Begitu juga dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Sampai saat ini Erdogan masih diam atas kemenangan Joe Biden. Trump diketahui kerap memuji Erdogan terutama atas penanganannya terhadap upaya kudeta yang gagal. Sebagai Presiden, Trump mengumandangkan kemenangan referendum yang kontroversial untuk Erdogan yang membuat pemimpin Turki mendapatkan kekuasaan yang luas dan tidak terkendali.

Dengan kekuasaan yang dimiliki Trump,  Erdogan telah diberi hak untuk melakukan apa yang dia inginkan. Itu akan menjadi cerita yang sangat berbeda dengan Biden, yang belum diakui Erdogan sebagai presiden terpilih sampai masalah hukumnya jelas.

Biden pada tahun lalu juga pernah mengatakan kekhawatirannta tentang Turki dan akan mengambil "pendekatan yang sangat berbeda" untuk hubungan dengan negara, termasuk mendukung kepemimpinan oposisi dan Kurdi.

Hal yang sama diperlihatkan oleh Putin terhadap kemenangan Biden. Dia tetap bungkam sejak Biden meraih kursi kepresidenan pada hari Sabtu (7/11), empat hari setelah pemilihan 3 November. Membersihkan ambang batas 270 suara Electoral College yang diperlukan untuk memenangkan Gedung Putih.

Putin tidak menyukai retorika anti-Rusia Biden, tetapi ia menyambut komentarnya tentang pengendalian senjata nuklir. Dalam pidatonya, Putin juga membela putra Biden, Hunter, dari kritik Donald Trump.

Berbicara kepada wartawan melalui tele-konferensi, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada hari Senin bahwa Moskow menganggap lebih baik sekarang menunggu sebelum memberi selamat kepada siapa pun.

"Kami kira pantas menunggu penghitungan suara resmi," kata Peskov, seperti dikutip dari AFP, Senin (9/11).

Ditanya mengapa pada tahun 2016 Putin langsung memberi selamat kepada Trump segera setelah dia memenangkan Electoral College dan mengalahkan Demokrat Hillary Clinton, tetapi hal itu tidak terjadi pada kemenangan Biden, Peskov mengatakan ada perbedaan yang jelas kali ini.

“Anda bisa lihat ada prosedur hukum tertentu yang sudah diumumkan oleh presiden saat ini. Makanya situasinya berbeda dan karena itu kami rasa pantas menunggu pengumuman resmi,” kata Peskov.

Dia mencatat bahwa Putin telah berulang kali mengatakan dia siap untuk bekerja dengan pemimpin AS mana pun dan bahwa Rusia berharap dapat menjalin dialog dengan pemerintah AS yang baru dan menemukan cara untuk menormalkan hubungan bilateral yang bermasalah.

Hubungan Moskow dan Washington tenggelam ke posisi terendah pasca-Perang Dingin pada tahun 2014 ketika Rusia mencaplok Krimea dari Ukraina. Biden menjabat sebagai wakil presiden di bawah Presiden Barack Obama saat itu.

Hubungan memburuk lebih jauh atas tuduhan AS bahwa Moskow telah ikut campur dalam pemilihan presiden AS 2016 untuk mencoba memiringkan suara untuk mendukung Trump, sesuatu yang dibantah Kremlin.

Xi Jinping juga lebih memilih diam karena ingin menghindari keterlibatan China dalam sengketa pemilu. Mereka mengatakan akan mengikuti kebiasaan dalam menanggapi hasilnya.

“Kami memperhatikan bahwa Tuan Biden telah mengumumkan kemenangan pemilihan," kata juru bicara kementerian luar negeri Wang Wenbin pada jumpa pers harian.

“Kami memahami bahwa hasil pemilihan presiden AS akan ditentukan mengikuti hukum dan prosedur AS,” lanjutnya.

Sementara itu, pada 2016, Presiden China Xi Jinping mengirim ucapan selamat kepada Trump pada 9 November, sehari setelah pemilihannya.

Hubungan antara China dan Amerika Serikat berada pada titik terburuk dalam beberapa dekade karena perselisihan mulai dari teknologi dan perdagangan hingga Hong Kong dan virus korona, dan pemerintahan Trump telah mengeluarkan rentetan sanksi terhadap Beijing.

Sementara Biden diperkirakan akan mempertahankan sikap keras terhadap China - dia pernah menyebut Xi sebagai “preman” dan berjanji untuk memimpin kampanye untuk “menekan, mengisolasi dan menghukum China” - dia kemungkinan akan mengambil pendekatan yang lebih terukur dan multilateral.

“Kami selalu percaya bahwa China dan Amerika Serikat harus meningkatkan komunikasi dan dialog, mengelola perbedaan atas dasar saling menghormati, memperluas kerja sama atas dasar saling menguntungkan dan mempromosikan perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil,” kata Wang dalam pengarahan.

Hu Xijin, editor Global Times, mengatakan dalam sebuah tweet: “China belum memberi selamat kepada Biden atas kemenangannya secepat yang dilakukan negara-negara Barat.”

“Saya kira itu karena China perlu menjaga jarak yang lebih jauh dari pemilihan presiden AS agar tidak terjerat kontroversi. Ini sebenarnya menunjukkan bahwa China menghormati AS secara keseluruhan,” tambahnya.

Sebelumnya pada hari Senin, media pemerintah China memberikan nada optimis dalam editorial, mengatakan hubungan dapat dipulihkan ke keadaan yang lebih dapat diprediksi, dimulai dengan perdagangan.

Sementara mengakui bahwa Washington tidak mungkin mengurangi tekanan terhadap China atas masalah-masalah seperti Xinjiang dan Hong Kong, Global Times mengatakan Beijing harus bekerja untuk berkomunikasi dengan tim Biden.

“Ini adalah kepentingan bersama orang-orang dari kedua negara dan komunitas internasional bahwa hubungan China-AS menjadi lebih mudah dan terkendali,” katanya.

China Daily mengatakan, meningkatkan hubungan dengan China bisa dimulai dari perdagangan, dan menghidupkan kembali pembicaraan perdagangan sangat penting untuk memulihkan beberapa pemahaman dan kepercayaan.

Presiden Jair Bolsonaro dari Brasil juga masih diam dengan kemenangan Biden. Dia sering dikenal sebagai 'Trump of the Tropics' yang menunjukkan 'kesamaannya' dengan Trump.

Sejak diumumkan Biden meraih suara terbanyak dalam pemilihan, Bolsonaro mash tetap diam atas kekalahan Trump. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA