Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Kemenangan Joe Biden, Menlu Retno: Indonesia Dan ASEAN Siap Perkuat Kerja Sama Dengan AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 10 November 2020, 13:56 WIB
Sambut Kemenangan Joe Biden, Menlu Retno: Indonesia Dan ASEAN Siap Perkuat Kerja Sama Dengan AS
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyambut terpilihnya Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat (AS) dalam pemilu yang digelar pada 3 November lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berbicara dalam ASEAN Ministerial Meeting (AMM) pada Selasa (10/11), Retno mengajak AS untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia dan ASEAN.

"Saya sampaikan Indonesia dan ASEAN siap bekerja sama untuk memperkuat kemitraan dengan Amerika di masa mendatang," kata Retno pada konferensi pers virtual usai pertemuan.

Retno menjelaskan, kemitraan yang dibangun nantinya harus berlandaskan prinsip kesetaraan, saling menghargai, dan saling menguntungkan.

Selain itu, ia juga mengajak AS di bawah pemerintahan Biden nantinya untuk bekerja sama dengan nilai multilateralisme, penghormatan kedaulatan, dan intergritas wilayah serta hukum internasional.

"Indonesia juga berharap Amerika dapat menjadi kekuatan  positif  untuk perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan di kawasan, dan menjadi mitra ASEAN dalam mengimplementasikan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific," sambungnya.

Biden dinyatakan menang dalam pemilihan presiden AS setelah mendapatkan lebih dari 270 suara elektoral sebagai ambang batas untuk masuk ke Gedung Putih.

Biden dan wakilnya, Kamala Harris, akan dilantik secara resmi pada 20 Januari 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA