Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hidupkan Ekonomi, Indonesia Dorong Implementasi Koridor Perjalanan ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 10 November 2020, 14:34 WIB
Hidupkan Ekonomi, Indonesia Dorong Implementasi Koridor Perjalanan ASEAN
Bendera negara-negara ASEAN/Net
rmol news logo Pemerintah Indonesia, melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, menyatakan harapan agar koridor perjalanan untuk negara-negara ASEAN dapat segera diimplementasikan.

Dalam pertemuan ASEAN Coordination Council pada Selasa (10/11), Retno mengatakan draft ASEAN Declaration on Travel Arrangement Corridor Framework yang diinisiasi Indonesia mendapatkan dukungan dari negara negara anggota.

"Indonesia mengharapkan bahwa draft deklarasi dapat diadopsi oleh para pemimpin ASEAN pada KTT ASEAN ke-37," sambung Retno dalam konferensi pers virtual usai pertemuan.

Ia juga berharap agar pengaturan yang diperlukan dapat dirumuskan dan segera diimplementasikan.

Menurut Retno, pengadopsian deklarasi tersebut mencerminkan persatuan ASEAN untuk menghadapi pandemi Covid-19, serta menunjukkan sikap solid negara-negara anggota untuk menghidupkan kembali kegiatan ekonomi tanpa mengorbankan protokol kesehatan.

"Momentum kesepakatan ini sangat tepat waktu, karena bersamaan dengan penandatanganan RCEP sebagai salah satu upaya untuk segera memulihkan ekonomi kawasan pasca pandemi," pungkas Retno merujuk pada Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional antara ASEAN dan lima negara mitranya.

Sejauh ini Indonesia sendiri secara bilateral telah melakukan kesepakatan Travel Corridor Arrangement dengan empat negara, yaitu Uni Emirat Arab (UEA), China, Jepang, dan Korea Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA