Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Butuh Tambahan Ongkos Dan Waktu Bagi NASA Untuk Pergi Ke Mars

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 11 November 2020, 08:55 WIB
Butuh Tambahan Ongkos Dan Waktu Bagi NASA Untuk Pergi Ke Mars
Planet Mars/Net
rmol news logo Ambisi Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) untuk mengirim misi tak berawak ke Mars tampaknya membutuhkan banyak biaya dan waktu.

Dalam sebuah laporan 79 halaman yang dirilis pada Selasa (10/11), Dewan Peninjau Independen (IRB) mengatakan, butuh hingga 1 miliar dolar AS dan dua tahun tambahan bagi NASA tambahan untuk menjalankan misi tersebut.

"IRB telah menyimpulkan bahwa program dasar saat ini dengan peluncuran pada 2026 dan anggaran 3 miliar dolar AS tidak konsisten dengan misi Kategori A Prioritas 1 sebelumnya," bunyi laporan tersebut, seperti dikutip Sputnik.

Ketua IRB, David Thompson mengatakan NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA) memerlukan anggaran antara 3,8 miliar dolar AS hingga 4,4 miliar dolar AS untuk melaksanakan misi.

Angka tersebut 50 persen lebih tinggi dari anggaran sebelumnya. Selain itu, misi juga baru dapat dilaksanakan pada 2028, bukan 2026.

Misi Mars yang dikerjasamakan oleh NASA dan ESA terdiri dari tiga tujuan berbeda. Di antaranya adalah mengirim misi tak berawak ke Mars, membawa kendaraan darat Perseverance Rover, hingga membawa sampel tanah dari Planet Merah itu.

"Kami siap melakukan kampanye baru untuk mengembalikan sampel pertama dari Mars. Kemitraan inovatif dengan ESA ini akan dibangun di atas kemajuan ilmiah dan kemajuan teknis selama puluhan tahun dalam eksplorasi Mars," kata NASA dalam akun Twitter-nya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA