Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengusaha Top Amerika John Thornton Berharap Xi Jinping Dan Joe Biden Segera Bertemu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 12 November 2020, 07:56 WIB
Pengusaha Top Amerika John Thornton Berharap Xi Jinping Dan Joe Biden Segera Bertemu
Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Publik terus menanti akan dibawa kemana hubungan China-AS bersama Joe Biden, sementara hingga saat ini Xi Jinping masih enggan bersuara terkait perkembangan pilpres AS yang telah memproyeksikan kemenangan Biden.

Terkait hal itu, pengusaha Amerika John Thornton, yang selama beberapa dekade telah menjadi pemain kunci dalam diplomasi pintu belakang AS-China, mengatakan keduanya harus berkumpul secepat mungkin.  

Thornton, yang kini menjabat sebagai ketua dewan pengawas di Brookings Institution,  juga mengatakan Washington dan Beijing harus menyelesaikan masalah mereka yang berbeda secara tatap muka, mirip dengan putaran pembicaraan perdagangan.

"Mereka harus bertemu langsung di awal pemerintahan baru Amerika, untuk berhubungan kembali secara pribadi," kata Thornton dalam webinar yang diselenggarakan oleh Center for China and Globalization, sebuah lembaga pemikir yang berbasis di Beijing, Rabu (11/11), waktu setempat.

“Mereka juga harus menugaskan tim kerja tingkat tinggi untuk membuat peta jalan untuk semua masalah serius, tanggung jawab untuk mereka, dan kerangka waktu yang harus mereka tangani,” katanya, seperti dikutip dari SCMP, Rabu (11/11).

Thornton menambahkan bahwa tim harus bertemu secara teratur seperti yang dilakukan Wakil Perdana Menteri China Liu He dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer saat menuntaskan kesepakatan perdagangan kedua negara.

Thornton, yang juga mantan wakil presiden Goldman Sachs, adalah salah satu pemimpin bisnis AS yang paling terhubung di China. Dia telah bertemu Xi beberapa kali dan berada di antara orang-orang yang berterima kasih kepada Presiden Donald Trump pada Januari saat penandatanganan kesepakatan perdagangan fase satu antara Washington dan Beijing.

Sementara mengakui bahwa sentimen umum terhadap China di AS telah berubah, Thornton berpendapat bahwa model Liu He - Lighthizer memiliki peluang bagus untuk membalikkan keadaan.
 
“Adanya proses seperti itu akan meyakinkan dan menstabilkan kedua negara dan dunia. Saluran perdagangan AS-China tetap terbuka dan efektif di tengah sumber ketegangan lainnya," katanya.  

Pandemi virus corona akan menjadi titik awal yang baik bagi Biden untuk mendekati hubungan China, menurut Thornton. Ia menambahkan bahwa kurangnya kerja sama saat ini tentang masalah tersebut tidak masuk akal, mengingat seberapa dekat kedua negara telah bekerja dalam krisis keuangan 2008.

Kampanye Biden telah mengirimkan sinyal beragam pada kebijakan China, berjanji untuk bersikap keras dengan Beijing tetapi juga meletakkan bidang-bidang utama untuk kerja sama, termasuk perubahan iklim, kesehatan global, dan non-proliferasi nuklir.

Thornton mengatakan Biden dan tim diplomatiknya adalah orang yang tepat untuk menangani hubungan AS-China.

“Kepercayaan dan saling menghormati harus dibangun di atas,” ujarnya.  

“Ini seharusnya tidak sulit. (Biden dan Xi) telah menghabiskan lebih banyak waktu bersama daripada presiden AS mana pun yang menghabiskan waktu dengan presiden yang sedang menjabat di China," ungkapnya.

Thornton mengatakan, Biden, yang dikenal sebagai pemersatu dan pemecah masalah, memiliki banyak kualitas yang akan memenuhi syarat pekerjaannya dalam hubungan luar negeri, termasuk hubungan dengan China.

Biden sendiri hingga kini belum mengumumkan susunan kabinetnya, tetapi Susan Rice, mantan penasihat keamanan nasional di bawah Obama, dilaporkan akan menjabat sebagai calon menteri luar negeri.
 
China telah mengatakan bahwa mereka berharap untuk bekerja dengan pemerintahan AS berikutnya meskipun Presiden China Xi Jinping belum secara resmi memberi selamat kepada Joe Biden.

Dalam tanggapan resmi pertama Beijing terhadap hasil tersebut, juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin mengatakan pada hari Senin bahwa China "telah memperhatikan Biden yang menyatakan kemenangan, dan kami memahami bahwa hasil pemilihan akan dikonfirmasi sesuai dengan hukum dan prosedur AS terkait".

Ditanya pada hari Senin kapan Xi akan memberikan ucapan selamat, Wang tidak menanggapi secara langsung, hanya mengatakan bahwa China akan "bertindak sesuai dengan praktik kebiasaan internasional".
 
Pakar kebijakan luar negeri China mengatakan bahwa mereka memperkirakan ketegangan antara Beijing dan Washington akan terus berlanjut di bawah kepresidenan Biden. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA