Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Kanada Kecam China Atas Pemecatan Empat Anggota Parlemen Pro-Demokrasi Hong Kong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 12 November 2020, 11:12 WIB
Menlu Kanada Kecam China Atas Pemecatan Empat Anggota Parlemen Pro-Demokrasi Hong Kong
Menteri Luar Negeri Kanada Francois-Philippe Champagne/Net
rmol news logo Menteri Luar Negeri Kanada Francois-Philippe Champagne mengecam pemecatan empat anggota parlemen pro-demokrasi Hong Kong yang dilakukan atas inisiasi pemerintah pusat China. Ia mengatakan China telah melanggar kewajiban internasionalnya dengan langkah mereka menghentikan perbedaan pendapat di Hong Kong.

Awal pekan ini, pemerintah pusat China memberikan otoritas khusus kepada pemerintah Hong Kong untuk memberhentikan anggota Dewan Legislatifnya yang dianggap tidak cukup setia kepada Beijing karena dukungan mereka terhadap kemerdekaan Hong Kong atau penolakan mereka untuk mengakui kedaulatan China atas wilayah tersebut.

Pemerintah Hong Kong yang pro-Beijing, yang dipimpin oleh Kepala Eksekutif Carrie Lam, segera menggunakan kekuatan baru itu untuk mendiskualifikasi empat legislator pro-demokrasi yang sebelumnya menyerukan kepada pemerintah asing untuk menjatuhkan sanksi terhadap Hong Kong dan China.

Menanggapi pemecatan kolega mereka, 15 anggota parlemen pro-demokrasi Hong Kong yang tersisa mengatakan mereka akan mengundurkan diri sebagai protes, yang secara efektif memberikan kekuasaan bebas kepada pasukan pro-Beijing di badan legislatif kota.

Champagne mengatakan pencopotan empat legislator yang terpilih secara demokratis semakin mengikis otonomi yang dijanjikan kepada bekas koloni Inggris itu ketika diserahkan kembali ke Beijing pada 1997.

“Keputusan ini semakin mempersempit otonomi Hong Kong dan ruang untuk kebebasan berekspresi dan partisipasi publik dalam pemerintahan di Hong Kong," kata Champagne dalam pernyataan tertulis, seperti dikutip dari CBC, Kamis (12/11).

“Tindakan ini jelas menunjukkan pengabaian terhadap Hukum Dasar Hong Kong dan tingginya tingkat otonomi yang dijanjikan untuk Hong Kong di bawah kerangka 'satu negara, dua sistem',” ungkapnya.

Di bawah deklarasi Tiongkok-Inggris - yang ditandatangani pada 1984 - China berjanji untuk mengizinkan Hong Kong memiliki otonomi tingkat tinggi selama 50 tahun sebagai imbalan untuk mengambil alih kembali kendali atas wilayah tersebut pada tahun 1997. Tetapi Beijing dalam beberapa bulan terakhir bergerak untuk menekan suara-suara oposisi di Hong Kong dengan pemberlakuan undang-undang keamanan nasional, setelah berbulan-bulan protes anti-pemerintah tahun lalu mengguncang kota itu.

Champagne menyebut langkah China sebagai sebuah serangan lebih lanjut terhadap kebebasan Hong Kong.

“Kami sangat kecewa bahwa China telah memilih untuk melanggar kewajiban internasionalnya. Kanada akan terus mendukung rakyat Hong Kong,” kata Champagne.

Masalah otonomi Hong Kong telah terbukti menjadi duri dalam hubungan yang sudah dingin antara Kanada dan Cina. Hubungan antara kedua negara memburuk sejak Kanada menangkap Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou pada Desember 2017 atas surat perintah ekstradisi AS.

Sebagai balasan China kemudian menangkap dua warga Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor, tak lama setelah penangkapan Meng. Kedua orang Kanada itu telah menghabiskan lebih dari 700 hari di penjara sementara Meng berjuang di ekstradisinya di pengadilan British Columbia dan hidup dalam tahanan rumah di Vancouver.

Kanada telah menangguhkan perjanjian ekstradisi dengan Hong Kong pada Juli sebagai tanggapan atas pengesahan undang-undang keamanan nasional yang baru - yang memberi Beijing kekuatan besar untuk menindak perbedaan pendapat di tengah protes anti-pemerintah dan kegiatan lain yang dianggapnya sebagai pekerjaan kekuatan asing yang bermusuhan.

Pemerintah Kanada juga mengubah kontrol ekspornya untuk memperlakukan barang-barang sensitif, termasuk peralatan militer, yang diekspor ke Hong Kong seolah-olah dikirim ke Cina daratan. Sebelumnya, Hong Kong diberi status preferensial.

Kanada juga diam-diam mulai menyetujui klaim suaka bagi keluarga yang berusaha melarikan diri dari penganiayaan di Hong Kong, sesuatu yang  diperingatkan oleh duta besar China untuk Kanada bulan lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA