Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akses Transportasi Diputus, PBB Tak Dapat Beri Bantuan Ke Wilayah Konflik Tigray

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 12 November 2020, 17:55 WIB
Akses Transportasi Diputus, PBB Tak Dapat Beri Bantuan Ke Wilayah Konflik Tigray
PBB tidak dapat memberikan bantuan kemanusiaan ke wilayah Tigray yang tengah dilanda konflik/Net
rmol news logo PBB mengaku pihaknya tidak dapat mengirim bantuan makanan, peralatan kesehatan, maupun persediaan darurat lainnya ke wilayah Tigray utara yang tengah dilanda konflik Ethiopa.

Dalam laporannya yang dirilis pada Kamis (12/11), Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (UNOCHA) mengatakan saluran telepon ke wilayah tersebut pun masih terputus.

"Transportasi tidak diizinkan ke dan dari Tigray, akibatnya laporan kekurangan bahan pokok muncul, berdampak pada yang paling rentan," jelas UNOCHA, seperti dikutip CNA.

Adapun kelompok rentan yang dimaksud adalah anak-anak, wanita, oranngtua, dan difabel.

Hal yang sama juga disuarakan oleh Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR). Badan tersebut mengatakan pihaknya khawatir keadaan konflik membuat banyak warga sipil terpaksa melarikan diri dan meningkatkan pengungsi.

Pada pekan lalu, Perdana Menteri Abiy Ahmed memulai kampanye militer melawan kelompok penguasa regional, Front Pembebasan Rakyat Tigray,  setelah menuduh mereka menyerang pangkalan militer federal.

Hingga saat ini, Abiy menolak seruan PBB, Uni Afrika, dan komunitas internasional lain untuk melakukan gencatan senjata.

Meningkatnya ketegangan di Tigray memicu kekhawatiran konflik dapat menyebar ke wilayah ataupun negara lain. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA