Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Analis Keamanan Global: Rusia, China Dan Turki Berharap Trump Kembali Di 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 13 November 2020, 07:20 WIB
Analis Keamanan Global: Rusia, China Dan Turki Berharap Trump Kembali Di 2024
Donald Trump/Net
rmol news logo Kepemimpinan Donald Trump tak lama lagi akan segera berpindah ke tangan pesaingnya Joe Biden. Kebijakan Trump terutama soal hubungan luar negeri dengan para pesaing utama AS jadi sorotan, apakah Biden akan sanggup lebih baik dari pendahulunya itu?

Analis keamanan global dan Profesor Joe Siracusa dari Curtin University mengatakan bahwa meskipun Trump memiliki gaya kontroversial dan agresif, substansi kebijakan luar negerinya sebenarnya lebih kuat dari yang diperkirakan, terutama mengenai pesaing abadi Rusia dan China.

Siracusa mengatakan bahwa kedua negara itu mungkin termasuk yang paling menyedihkan melihat kepresidenan Trump berakhir.

“Joe Biden bukan tentang perdamaian,” kata Siracusa, seperti dikutip dari 9News, Kamis (12/9).

“Biden akan mengarungi Armada Ketujuh langsung ke Selat Taiwan.Trump menghindari risiko. Dia akan berperang, tetapi hanya jika AS atau salah satu sekutunya diserang,” lanjutnya.

Sejak akhir Perang Dingin, struktur geopolitik dunia telah dikonfigurasi ulang menjadi 'Persaingan Kekuatan Besar', di mana negara-negara seperti Rusia dan China, meskipun sering dibicarakan sebagai musuh AS, lebih akurat bila disebut sebagai pesaing.

Dan sebagai pesaing, katanya, mereka lebih nyaman berurusan dengan Donald Trump daripada Joe Biden.

“Trump berurusan dengan kekuasaan. Dia tidak mendorong sudut hak asasi manusia atau semacamnya, dia berurusan dengan kekuasaan,” kata Siracusa.

Dan dinamika itu membantu Trump menangani beberapa karakter panggung global yang lebih agresif.

“Trump dan (Presiden Rusia Vladimir Putin) saling memahami. Trump dan Rusia berada pada gelombang yang sama, tetapi dia bukan orang bodoh mereka,” kata Profesor Siracusa.

Dan terlepas dari retorika internasional seputar China dalam beberapa bulan terakhir, Profesor Siracusa bersikeras bahwa Rusia, secara militer, adalah hubungan yang lebih penting untuk dikelola.

AS dan Rusia adalah dua negara nuklir dengan persenjataan paling berat di planet ini, dengan persenjataan mencapai ribuan. Sebaliknya, katanya, total stok China sekitar 280.

“Yang diinginkan China hanyalah Hong Kong dan Taiwan,” kata Profesor Siracusa.

“China ingin melihat Presiden kembali. China tahu Trump tidak ingin bertengkar dengan mereka. Rakyat AS selalu tidak jelas dalam membela Taiwan,” lanjutnya.

Tetapi keengganan AS memiliki batas yang sulit, siapa pun yang ada di Ruang Oval, kata Profesor Siracusa, dan itulah mengapa Laut China Selatan akan terus menjadi tempat konflik.

“Angkatan Laut AS selalu berdedikasi untuk menjaga jalur laut terbuka di seluruh dunia. Dan Anda tidak akan mengalahkan AS di laut, itu tidak terjadi,” katanya.

Dan sementara itu, kedua negara yang paling dekat hubungannya dengan masa jabatan Trump itu akan melihat ke depan melampaui kepresidenan Biden.

“China dan Rusia memainkan permainan panjang. Mereka bisa melihat Trump kembali pada 2024, sama seperti Turki. Itulah yang mereka pikirkan sekarang,” katanya.

Siracusa sangat tegas bahwa dia sama sekali bukan penggemar Donald Trump pada tingkat pribadi - bahkan menyebutnya sebagai “bahaya nyata saat ini”.

Tapi, katanya, dia harus diberi penghargaan untuk sejumlah inisiatif kebijakan luar negeri Presiden AS ke-45 itu.

“Jika Anda memisahkan gaya politik luar negeri Trump dari substansi, itu D-minus,” katanya, “Trump itu hebat dalam banyak hal, dia berhasil membuat orang Korea Utara lebih tenang, misalnya.”

Sekutu utama AS seperti Korea Selatan, Jepang, dan negara-negara anggota NATO telah menerima 'seruan untuk bangkit'.

“Kebijakan mundur Trump dikalibrasi secara realistis. AS telah berada di Timur Tengah selama 20 tahun, kita telah menghabiskan 3 triliun dolar AS, dan tidak mendapat apa-apa. Orang Irak tidak menganggap intervensi AS sangat berguna,” ungkapnya.

Di bawah kepemimpinan Donald Trump, AS menurut pengetahuannya, tidak pernah kehilangan seorang tentara atau pelaut dalam empat tahun - sebuah pencapaian yang 'luar biasa'.

Dan yang terpenting, dia memiliki garis terbuka untuk rezim yang bermusuhan.

“Mereka tidak ingin main-main dengannya. Mereka tahu dia serius,” kata Siracusa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA