Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Barack Obama: Cara Partai Republik Menghibur Kekalahan Donald Trump Sangat Berbahaya Untuk Demokrasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 13 November 2020, 10:01 WIB
Barack Obama: Cara Partai Republik Menghibur Kekalahan Donald Trump Sangat Berbahaya Untuk Demokrasi
Mantan Presiden AS Barack Obama/Net
rmol news logo Mantan Presiden AS Barrack Obama ikut menyesalkan sikap Donald Trump yang didukung oleh partainya atas sejumlah klaim tak berdasar tentang kecurangan dalam proses Pilpres AS 2020.

Dalam sebuah wawancara terbaru dengan CBS TV, Obama mengatakan bahwa klaim Trump dilakukan karena sang petahana memang tidak siap untuk mengakui kekalahannya atas Joe Biden.

“Mereka tampak termotivasi, sebagian, karena presiden tidak suka kalah dan tidak pernah mengakui kekalahannya,” kata Obama kepada Scott Pelley dalam klip dari wawancara yang disiarkan di CBS Evening News.

Selain itu, mantan presiden tersebut juga mengatakan bahwa anggota partai presiden yang sejalan dengan klaimnya yang tidak berdasar atas kecurangan pemilu menempatkan demokrasi di jalur yang berbahaya.

“Saya lebih bermasalah dengan fakta bahwa pejabat Republik lainnya yang jelas tahu lebih baik setuju dengan ini, menghiburnya dengan cara ini,” kata Obama, seperti dikutip dari CBS, Kamis (12/11).

“Ini adalah satu langkah lagi dalam mendelegitimasi tidak hanya pemerintahan Biden yang akan datang, tetapi demokrasi secara umum. Dan itu jalan yang berbahaya,” lanjutnya.

Presiden Trump telah menolak untuk mengakui keunggulan suara Presiden terpilih Joe Biden dan telah meluncurkan serangkaian tuntutan hukum dengan tuduhan penipuan yang meluas di beberapa negara bagian. Sejauh ini tidak ada bukti yang mendukung klaim presiden.  Sementara beberapa anggota Partai Republik memberi selamat kepada Presiden terpilih Biden karena memenangkan pemilihan, yang lain mengatakan klaim Trump perlu diperiksa. rmol news logo article  

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA