Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Selatan Janjikan Rp 142 Miliar Untuk Akses Vaksin Covid-19 Negara-negara Berkembang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 13 November 2020, 18:01 WIB
Korea Selatan Janjikan Rp 142 Miliar Untuk Akses Vaksin Covid-19 Negara-negara Berkembang
KTT Republik Korea -Mekong pada Jumat, 13 November 2020/Net
rmol news logo Korea Selatan telah menyatakan komitmennya untuk memberikan 10 juta dolar AS atau setara dengan Rp 142 miliar (Rp 14.200/dolar AS) kepada negara-negara berkembang.

Komitmen tersebut langsung disampaikan oleh Presiden Moon Jae-in dalam KTT Republik Korea-Mekong yang digelar secara virtual pada Jumat (13/11).

Moon menjelaskan, bantuan tersebut akan diberikan melalui skema Covax, yaitu inisiatif global yang bertujuan untuk menyediakan akses yang sama kepada negara-negara untuk mendapatkan vaksin yang aman dan efektif.

Ia juga berjanji akan melakukan kerja sama dengan negara-negara Melong untuk menyediakan peralatan karantina dan meningkatkan kapasitas perawatan kesehatan publik.

Lebih lanjut, seperti dimuat VNA, Moon memuji efisiensi aktivitas perdagangan antara Korea Selatan dan lima negara Sungai Mekong, yaitu Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos, dan Thailand,  terlepas dari dampak Covid-19.

"Korea Selatan akan mengembangkan proyek bilateral untuk memulihkan ekosistem di sepanjang Sungai Mekong, mengelola sumber daya air, dan mencegah bencana alam," lanjut Moon.

"Korea Selatan juga berencana untuk meningkatkan kontribusinya pada dana kerjasama Mekong-Republik Korea," sambung dia.

Dalam KTT Republik Korea-Mekong sebelumnya pada November tahun lalu, keenam negara mengadopsi Deklarasi Sungai Mekong-Han, yang menyerukan penguatan kerja sama di bidang sumber daya alam, pertanian, dan lingkungan melalui berbagi pengalaman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA