Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KTT Ke-37 ASEAN Hasilkan 33 Dokumen Kesepakatan, Ini Beberapa Di Antaranya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 13 November 2020, 23:48 WIB
KTT Ke-37 ASEAN Hasilkan 33 Dokumen Kesepakatan, Ini Beberapa Di Antaranya
Presiden Joko Widodo mengikuti KTT ke-37 ASEAN secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/11)/Setpres
rmol news logo Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN yang diselenggarakan secara virtual pekan ini menghasilkan 33 dokumen kesepakatan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Diketahui bahwa Presiden Joko Widodo mengikuti KTT tersebut dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Di antara kesepakatan-kesepakatan itu adalah Ha Noi Declaration on the ASEAN Community’s Post-2025 Vision, ASEAN Comprehensive Recovery Framework, Ha Noi Declaration on Strengthening Social Network Towards Cohesive and Responsive ASEAN Community, dan ASEAN Declaration on Digital Tourism.
Selain itu, ada juga Ha Noi Declaration on the Adoption of the Initiative for ASEAN Integration Work Plan 2021-2025, serta ASEAN Declaration on the ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework, dan Narrative of ASEAN Identity.
Retno menjelaskan, sejak awal pandemi, ASEAN telah melakukan upaya untuk merespons hal tersebut, baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi kerja sama ekonomi.

"Dalam KTT kali ini, semua upaya tersebut telah membuahkan hasil, yaitu sudah tersedianya Covid-19 ASEAN Emergency Response Fund, yang sudah ada komitmen sebesar 10 juta dolar AS, antara lain dari Jepang, Korea Selatan, China, Singapura, Australia, Inggris, Swiss, dan lain-lain," ujarnya.

Bukan hanya itu, sambung Retno, telah dipersiapkan juga ASEAN Comprehensive Recovery Framework yang berisi strategi untuk mengatasi pandemi, baik melalui kerja sama antara negara ASEAN maupun dengan mitra.

"Di dalam framework ini terdapat lima strategi, yaitu enhancing health system, strengthening human security, maximising potential of intra-ASEAN market and broader economic integration, kemudian accelerating inclusive digital transformation, dan advancing toward a more sustainable and resilient future," tambahnya.

Selain itu, ASEAN Regional Reserve of Medical Supplies for Public Health Emergency juga telah dinyatakan siap pada KTT tersebut.

"Negara ASEAN bersama-sama secara sukarela menyumbang cadangan pasokan kesehatan dengan standar WHO untuk darurat kesehatan. Negara mitra juga dapat memberikan kontribusi," terang Retno.

Sementara itu, untuk ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework, yang merupakan inisiatif Indonesia untuk utamanya mengatur essential business traveller dengan protokol yang ketat untuk mendukung pemulihan ekonomi juga telah siap.

Retno menambahkan, inisiatif lain yang dikeluarkan oleh Indonesia adalah Narrative of ASEAN Identity.

"Narasi mengenai identitas ASEAN ini akan mengokohkan kebanggaan dan jati diri bangsa-bangsa ASEAN yang sekaligus akan mengokohkan the we-feeling dari ASEAN," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA