Pemimpin Rusia Prihatin, Jumlah Korban Perang Armenia-Azerbaijan Mencapai Empat Ribu Tewas Dan Delapan Ribu Luka-luka

Presiden Rusia Vladimir Putin /Net

Penduduk yang menderita akibat perang Armenia-Azerbaijan di wilayah konflik sangat membutuhkan bantuan segera. Setelah perang selesai dengan kekalahan di pihak Armenia, penduduk perlu kembali kepada kehidupan normal.

Presiden Rusia Vladimir Putin membahas hal ini dalam pertemuan virtualnya bersama Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov, Menteri Darurat Yevgeny Zinichev dan Direktur FSB Alexander Bortnikov. Dia menyatakan bahwa kesepakatan tripartit yang ditanda tangani pada 9 Nopember bertujuan untuk menghentikan pertumpahan darah serta agar situasi kembali stabil.

Putin menambahkan bahwa sesuai dengan pernyataan itu, kontingen penjaga perdamaian Rusia dikerahkan di sepanjang garis kontak dan di sepanjang yang disebut koridor Lachin.

“Perlu dicatat bahwa masalah kemanusiaan yang serius telah muncul di wilayah Nagorno-Karabakh, kami mendapatkan informasi lengkap terkait ini. Jumlah korban akibat pertempuran tersebut melebihi empat ribu orang, dan lebih dari delapan ribu orang luka-luka. Jumlah pengungsi, menurut berbagai sumber, mencapai puluhan ribu. Infrastruktur sipil dan banyak benda budaya hancur," ujar Putin dalam pidatonya di pertemuan itu, seperti dikutip dari News Arm, Jumat (13/11).

Putin menegaskan, perlu segera membentuk Pusat Tanggap Bencana dan Bantuan Kemanusiaan, untuk membantu penduduk daerah dalam menyelesaikan masalah yang paling mendesak.

"Tugas itu akan melibatkan sumber daya Kementerian Pertahanan, Kementerian Darurat, Kementerian Luar Negeri, layanan perbatasan FSB Rusia, dan departemen lain di Federasi Rusia," kata Putin.

Pusat tersebut juga akan terlibat dalam proses pemulangan pengungsi ke tempat tinggal permanen mereka. Dalam hal ini, menurut Putin, dibutuhkan komunikasi dengan badan-badan negara Azerbaijan dan Armenia untuk memulihkan infrastruktur sipil dan menciptakan kondisi kehidupan normal di Nagorno-Karabakh.

"Perlu berkoordinasi dengan badan-badan pemerintah dan, saya harap, saya benar-benar mengandalkannya, organisasi publik  memberikan bantuan kemanusiaan kepada penduduk di daerah yang terkena dampak perang, membantu badan-badan pemerintah Azerbaijan dan Armenia, karena mereka membutuhkan dukungan itu. Bantuan semacam itu akan sangat berguna, mengingat prasejarah yang rumit dari hubungan antara negara itu dalam menjalin interaksi dengan organisasi-organisasi kemanusiaan internasional dan di antara mereka sendiri," lanjut Putin.

Putin meminta Kementerian Luar Negeri Rusia untuk melanjutkan tugasnya menginformasikan perkembangan di Nagorno-Karabakh kepada OSCE Minsk Group tentang keputusan yang diambil.  Juga menginformasikan kepada Palang Merah Internasional, Komite Palang Merah, serta Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, untuk bersama-sama membantu para korban perang.

"Kita perlu berhubungan dengan mereka, dengan kolega kita dari UNESCO. Saya sangat mengandalkan dukungan mereka. Saya menyampaikan harapan agar kegiatan Pusat Bantuan (Antar Departemen) mendapat dukungan penuh dari semua pihak."

Putin telah banyak menghabiskan waktunya dalam percakapan telepon dengan Presiden Azerbaijan Aliyev dan Perdana Menteri Armenia Pashinyan selama menengahi perang dua negara ini.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

Dubes Umar Hadi: Digitalisasi Produk Ekonomi Kreatif, Suatu Keniscayaan
Dunia

Dubes Umar Hadi: Digitalisas..

06 Maret 2021 21:38
Bertemu Ulama Syiah Irak Dan Kunjungi Tempat Kelahiran Nabi Ibrahim, Paus Berterima Kasih Kepada Umat Muslim
Dunia

Bertemu Ulama Syiah Irak Dan..

06 Maret 2021 18:48
Dalai Lama Tenzin Gyatso Terima Suntikan Pertama Vaksin Covid-19, Ajak Pengikutnya Tak Ragu Divaksin
Dunia

Dalai Lama Tenzin Gyatso Ter..

06 Maret 2021 17:58
Menandai Hari Ke-100 Aksi Protes, Petani India Blokir Enam Ruas Jalan Tol
Dunia

Menandai Hari Ke-100 Aksi Pr..

06 Maret 2021 17:47
Konflik Myanmar Dan Jalan Buntu Dewan Keamanan PBB
Dunia

Konflik Myanmar Dan Jalan Bu..

06 Maret 2021 16:29
Ledakan Gas Alam Texas: Satu Rumah Terbakar, Sepuluh Luka-luka
Dunia

Ledakan Gas Alam Texas: Satu..

06 Maret 2021 15:38
Senegal Membara, Massa Lakukkan Protes Besar-besaran Atas Penangkapan Pemimpin Oposisi Ousmane Sonko
Dunia

Senegal Membara, Massa Lakuk..

06 Maret 2021 15:04
Spesialis Keamanan Komputer AS: 30.000 Organisasi Di Seluruh Amerika Serikat Diretas Unit Spionase Dunia Maya China
Dunia

Spesialis Keamanan Komputer ..

06 Maret 2021 14:21