Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pompeo: Penjualan F-35 Adalah Upaya AS Membantu UEA Melawan Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 15 November 2020, 08:40 WIB
Pompeo: Penjualan F-35 Adalah Upaya AS Membantu UEA Melawan Iran
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo/Net
rmol news logo Kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo ke Timur Tengah memiliki sejumlah agenda penting.

Setelah mengunjungi Israel dan bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Pompeo dijadwalkan untuk melakukan kunjungan ke Uni Emirat Arab (UEA).

Dimuat Israel National News pada Sabtu (14/11), kunjungan Pompeo ke Abu Dhabi ditujukan untuk betemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Zayed.

Keduanya akan membahas Kesepakatan Abraham di mana UEA dan Bahrain telah berkomitmen untuk melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Setelah itu, keduanya juga akan membahas kesepakatan penjualan senjata dari AS ke UEA yang menurut Pompeo bertujuan sebagai dukungan Washington untuk Abu Dhabi melawan Iran.

"Karena UEA adalah teman dan mitra yang penting, kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk membantunya melawan rezim Iran," kata Pompeo dalam sebuah pengarahan kepada wartawan.

"Ini termasuk usulan penjualan pesawat F-35 senilai 23 miliar dolar AS, sistem udara tak berawak MQ-9B, dan sistem FMS dari udara-ke-darat," tambahnya.

Pompeo mengatakan, penjualan senjata tersebut juga mengikuti kerja sama pertahanan yang ditingkatkan dengan Mesir setelah Perjanjian Camp David 1979, serta hubungan keamanan AS yang lebih dekat dengan Yordania setelah normalisasi hubungan dengan Israel dalam Perjanjian Wadi Araba pada 1994.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA