Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Marah Eritrea Bantu Ethiopia, Pemberontak Tigray Tembak Tiga Roket Ke Asmara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 15 November 2020, 11:03 WIB
Marah Eritrea Bantu Ethiopia, Pemberontak Tigray Tembak Tiga Roket Ke Asmara
Pemberontak di Tigray tembakkan tiga roket ke ibukota Eritrea/Net
rmol news logo Sedikitnya tiga roket ditembakkan dari Ethiopia ke ibukota Eritrea, Asmara di tengah konflik antara pemerintah dan pasukan pemberontak di wilayah Tigray.

Tiga diplomat mengungkap, setidaknya dua roket menghantam Bandara Asmara pada Sabtu (14/11). Tetapi laporan tersebut belum dikonfirmasi karena sebagian besar komunikasi terputus.

Serangan terjadi setelah pemimpin Tigray, Debretsion Gebremichael menuding Eritrea telah mengirim pasukan ke perbatasan untuk mendukung pemerintah Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed.

Menteri Luar Negeri Eritrea Osman Saleh Mohammed membantahnya pada saat itu.

"Kami bukan bagian dari konflik," kata Mohammed, seperti dikutip Reuters.

Kemudian pada Sabtu (14/11), partai yang berkuasa Tigray, Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF), mengancam akan menyerang sasaran Eritrea.

"Kami akan meluncurkan serangan rudal untuk menggagalkan setiap gerakan militer di Asmara dan Massawa," kata jurubicara partai Getachew Reda merujuk pada Massawa, pelabuhan Eritrea di Laut Merah.

Pekan lalu, Abiy melancarkan kampanye militer terhadap para pemimpin Tigray, setelah menuduh mereka menyerang pasukan federal yang bermarkas di wilayah utara yang berbatasan dengan Eritrea dan Sudan.

Pertempuran itu telah menewaskan ratusan orang di kedua sisi, mengirim ribuan warga sipil melarikan diri ke Sudan, dan menimbulkan kekhawatiran bahwa hal itu dapat mengguncang bagian lain Ethiopia dan wilayah Tanduk Afrika yang lebih luas.

Beberapa pengungsi yang tiba di kota perbatasan Sudan Hamdayat mengatakan kepada Reuters bahwa daerah mereka di Ethiopia telah dibom dari Eritrea.

Bandara di Gondar terkena serangan sementara roket lain yang diarahkan ke bandara Bahir Dar meleset dari targetnya, kata pemerintah negara bagian.

Abiy mengatakan pesawat tempur pemerintah membom sasaran militer di Tigray, termasuk gudang senjata dan peralatan yang dikendalikan oleh pasukan Tigrayan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA