Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Perdagangan: RCEP Masih Terbuka Untuk India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 15 November 2020, 15:24 WIB
Menteri Perdagangan: RCEP Masih Terbuka Untuk India
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto/Net
rmol news logo Regional Comprehensive Economic Strategis (RCEP) telah ditandatangani oleh 15 negara yang terdiri dari sepuluh negara ASEAN dan lima mitranya, yaitu China, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Australia.

Penandatangan tersebut dilakukan pada akhir KTT ASEAN ke-37 yang digelar secara virtual pada Minggu (15/11) oleh para menteri perdagangan atau menteri terkait lainnya.

Meski ditandatangani oleh 15 negara, RCEP pada awalnya memiliki 16 negara partisipan. Tetapi pada KTT RCEP ke-3 tahun lalu di Bangkok, India telah menarik diri.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, para negara anggota lainnya telah memahami keputusan India untuk menarik diri dari proses perundingan, tetapi masih terbuka untuk keikutsertaannya kembali.

"Kita memahami tantangan ekonomi domestik yang sedang dihadapi India, sehingga belum pada posisi untuk kembali ke meja perundingan," kata Agus dalam konferensi pers usai pertemuan.

"Dalam KTT RCEP ke-4, para pemimpin negara sepakat RCEP akan tetap terbuka bagi India bila sudah siap bergabung kembali," tandasnya.

India sendiri menarik diri dikabarkan karena khawatir jika RCEP dapat memicu banyaknya produk impor ke India yang membuat produk dalam negeri kalah saing. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA