Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap Hadapi Murka China, Malaysia Tegas Tolak Deportasi Warga Uighur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 16 November 2020, 06:00 WIB
Siap Hadapi Murka China, Malaysia Tegas Tolak Deportasi Warga Uighur
Pengungsi Uighur di dalam tempat penampungan sementara di markas regional imigrasi dekat perbatasan Thailand-Malaysia di Hat Yai, Songkla pada 2014 lalu/Net
rmol news logo Pemerinyah Malaysia bersikukuh untuk tidak akan pernah mengekstradisi etnis Uighur yang telah melarikan diri dari China ke negaranya, meskipun permintaan itu datang langsung dari Beijing.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ini menandai pertama kalinya Malaysia menyatakan posisinya pada Uighur dan sangat kontras dengan negara tetangga Indonesia, yang baru-baru ini dilaporkan telah mendeportasi tiga orang Uighur kembali ke China dalam sebuah langkah yang tidak pernah dikonfirmasi oleh kedua belah pihak seperti dikutip dari SCMP, Minggu (15/11).

Sikap tegas Malaysia itu mendapat pujian dari sejumlah pengamat, mereka menilai apa yang dilakukan pemerintah sudah tepat.

Sean R. Roberts, seorang profesor studi pembangunan internasional di Universitas George Washington, mengatakan bahwa tindakan pemerintah Malaysia adalah sebuah langkah berani, di mana beberapa negara di kawasan tidak melakukan hal serupa.

“Dengan tindakan ini, Malaysia mengambil sikap penting, bahwa banyak negara lain di kawasan ini, termasuk Indonesia dan Thailand, enggan untuk mengambilnya,” katanya, seperti dikutip dari SCMP, Minggu (15/11).

“Ini mungkin akan membuat marah Beijing, tetapi itu adalah posisi yang bertanggung jawab,” tambah Roberts, juga menulis buku The War on the Uygurs, yang diterbitkan pada bulan September lalu.

Mustafa Akyol, seorang penulis Turki terkemuka di Cato Institute yang berfokus pada Islam dan modernitas, mengatakan posisi Malaysia menandai langkah awal negara-negara mayoritas Muslim untuk melindungi orang Uighur dari murka China.

“Sementara penganiayaan terhadap Uighur di China telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, banyak pemimpin Muslim melihat ke arah lain, karena persahabatan dengan China menguntungkan,” kata Akyol.

“Pesan Beijing bahwa negara-negara luar tidak boleh ikut campur dalam urusan dalam negeri satu sama lain, bahkan jika itu termasuk pelanggaran hak asasi manusia, kemungkinan beresonansi dengan para pemimpin,” tambahnya.

“Ribuan orang Uighur meninggalkan Tiongkok melalui Asia Tenggara dari tahun 2010 hingga 2016 sebagai akibat dari meningkatnya represi di wilayah Uighur di Tiongkok, karena melarikan diri dari Tiongkok melalui Asia Tengah - apa yang sebelumnya dilakukan oleh orang Uighur - tidak lagi aman mengingat Asia Tengah memiliki kerja sama keamanan dengan Beijing,” kata Roberts.

Human Rights Watch (HRW) telah mendokumentasikan pelanggaran hak asasi manusia yang serius terhadap orang Uighur, termasuk penahanan sewenang-wenang massal sekitar satu juta orang, penghilangan paksa, pengadilan yang sangat politis yang berakhir dengan hukuman mati, dan penyiksaan dalam tahanan.

Beijing membantah tuduhan ini dan menyatakan bahwa kamp tersebut memberikan pelatihan kejuruan kepada Uighur.

“Posisi Malaysia mungkin mengakibatkan beberapa Uighur yang tersisa masih terpencar di seluruh penjuru Southeast Asia mencari perlindungan di Malaysia,” kata Roberts.

Sementara sebagian besar orang Uygur yang telah melarikan diri dari China melalui Asia Tenggara pada akhirnya berusaha untuk melakukan perjalanan ke Turki - sumber mengatakan sebanyak 10.000 orang Uighur berakhir di sana antara tahun 2010 dan 2016 - jumlah yang kecil tapi tidak signifikan hidup di bawah radar di Asia Tenggara tanpa dokumentasi atau status pengungsi, khususnya di Malaysia, Thailand dan Indonesia.

“Tidak ada bukti bahwa orang Uighur saat ini dapat meninggalkan China sama sekali,” kata Roberts.

Zachary Abuza, seorang profesor studi Asia Tenggara di National War College di Washington, mengatakan Malaysia telah lama menjadi simpul penting dalam jalur kereta bawah tanah bagi warga Uighur yang ingin melarikan diri ke Turki, dan bahwa negara tersebut telah menolak tekanan dari China tentang masalah ini selama bertahun-tahun.

“Sementara Beijing masih menekan Putrajaya (pusat administrasi Malaysia yang menggantikan posisi Kuala Lumpur) tentang masalah ini, mereka mungkin memahami bahwa mengingat sensitivitas politiknya, ini bukanlah masalah di mana Malaysia akan menyerah,” kata Abuza.

Rais Hussin, presiden dan kepala eksekutif dari think tank Malaysia EMIR Research, memuji keputusan Malaysia karena mampu berdiri teguh dalam masalah ini.

“Itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Anda tidak ingin mengirim mereka kembali ke kamp konsentrasi yang disamarkan sebagai pusat pendidikan. Beberapa mungkin menghadapi penganiayaan serius karena hanya menjadi orang Uighur,” katanya.

Keputusan Malaysia juga mendapat dukungan dari Gerakan Pemuda Muslim terkemuka Malaysia (ABIM), yang mengatakan ini adalah langkah yang diperlukan untuk alasan kemanusiaan.

“Kami menyambut baik pernyataan menteri tentang Uighur,” kata wakil presiden ABIM Ahmad Fahmi Mohd Shamsuddin.

Pendirian Malaysia terhadap Uygur datang tanpa sok politik; hal itu terungkap dalam jawaban tertulis parlemen dari Menteri di Departemen Perdana Menteri Redzuan Md Yusof atas pertanyaan anggota parlemen, yang diposting di situs web parlemen Malaysia.

"Jika ada pengungsi Uygur yang melarikan diri ke Malaysia untuk perlindungan, Malaysia telah memutuskan untuk tidak mengekstradisi pengungsi Uygur bahkan jika ada permintaan dari Republik Rakyat Cina," kata Mohd Redzuan dalam balasannya.

Mohd Redzuan adalah menteri di pemerintahan Perikatan Nasional Malaysia, yang menggulingkan koalisi Mahathir Mohamad dalam kudeta politik pada akhir Februari tahun ini. Pada masa Mahathir sebagai perdana menteri, dari 2018 hingga Februari, dia membebaskan 11 orang Uighur yang dipenjara, mengabaikan permintaan China untuk mengirim mereka ke Beijing. Tindakan itu membuat marah China, yang mengatakan pihaknya sangat menentang pengiriman orang Uighur ke Turki oleh Malaysia, tempat mereka akhirnya berakhir.

Selama pemerintahan sebelumnya Najib Razak, dari 2009 hingga 2018 , setidaknya 29 warga Uighur dideportasi ke China, termasuk enam orang yang memiliki permohonan status pengungsi yang menunggu keputusan. HRW mengutuk deportasi enam pencari suaka pada tahun 2012, dengan menyebutnya sebagai pelanggaran hukum internasional.

Sikap Malaysia terhadap masalah tersebut terhitung berani, mengingat China telah menjadi mitra dagang terbesar Malaysia sejak 2009 dan termasuk di antara 10 negara teratas untuk investasi langsung asing.

Yeah Kim Leng, seorang profesor ekonomi di Sunway University Business School, mengatakan pangsa investasi asing langsung (FDI) China pada tahun 2019 berada di peringkat ketujuh tetapi turun satu tingkat lebih rendah pada paruh pertama tahun 2020.

Yeah mengatakan ekspor Malaysia ke China naik 7,1 persen pada paruh pertama tahun 2020, dan bahwa China pasca pandemi dapat memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan bagi eksportir Malaysia.

Di Indonesia, negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia yang dikunjungi Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada bulan Oktober lalu, tepat setelah deportasi dari tiga orang Uighur.

“Bahwa pemerintah Indonesia menyerah begitu cepat sungguh mengejutkan,” kata Abuza dari National War College.

“Ya, China adalah mitra dagang terbesar Indonesia, tapi saya tidak bisa melihat Beijing membalas atau memboikot bahan mentah Indonesia, yang sangat dibutuhkannya, seandainya Jakarta tidak mengembalikan ketiga lelaki Uighur itu,” lanjutnya.

“Tidak ada orang Uighur di Indonesia saat ini,” kata Deka Anwar, analis riset Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC).

Ben Bland, direktur Program Asia Tenggara di Institut Lowy di Australia, mengatakan bahwa pemerintah Indonesia enggan melakukan penganiayaan terhadap orang Uighur, karena memiliki masalah separatis sendiri dan tidak ingin menjadi preseden campur tangan asing dalam urusan dalam negeri negara lain.

“China telah menjadi sumber investasi dan perdagangan yang semakin penting bagi Indonesia, serta menjadi mitra kunci dalam pengembangan kemungkinan Covid-19 vaksin,” kata Bland.

“Itu pasti memberikan pengaruh kepada China dan membuat pemerintah Indonesia enggan melakukan apa pun yang akan membuat marah Beijing tetapi hanya membawa sedikit manfaat langsung bagi Indonesia,” katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA