Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ke Mesir, Fatah Dan Hamas Lanjutkan Rekonsiliasi Jelang Pemilu

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 16 November 2020, 11:03 WIB
Ke Mesir, Fatah Dan Hamas Lanjutkan Rekonsiliasi Jelang Pemilu
Fatah dan Hamas lanjutkan perundingan rekonsiliasi/Net
Fatah dan Hamas melanjutkan perundingan rekonsiliasi damai mereka di Kairo, Mesir. Kedua delegasi pun telah berangkat pada Minggu (16/11).

Delegasi Fatah dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Komite Sentral Jibril Rajoub, dan dua pemimpin senior lainnya, Rawhi Fattouh dan Ahmed Helles.

Sementara delegasi Hamas dipimpin oleh wakil pemimpin organisasi, Salah Al-Aruri, dan juga termasuk dua anggota senior, Khalil Al-Hayya dan Husam Badran.

Seorang pemimpin senior Fatah Abbas Zaki mengatakan, pertemuan tersebut bertujuan untuk melanjutkan rekonsiliasi guna mengakhiri perpecahan internal, khususnya menjelang pemilu.

"Pertemuan ini bertujuan untuk melanjutkan upaya rekonsiliasi antara Fatah dan Hamas untuk mengakhiri perpecahan internal yang akan mengarah pada pemilihan presiden dan legislatif Palestina secepat mungkin," jelas Zaki.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh jurubicara Hamas, Abdel Latif al-Qanoa kepada kantor berita Palestina, Safa.

Ia mengatakan pertemuan ditujukan untuk mencapai kemajuan dalam konsensus nasional dalam kemitraan politik dengan Fatah.

"Kontak sedang berlangsung dan dialog sedang berlangsung, dan kami tertarik untuk menyukseskan jalur kemitraan dengan semua organisasi, apakah itu kemitraan di PLO atau di lembaga (Palestina) untuk menghadapi tantangan dan masalah Palestina," lanjut dia.

Pada September, Fatah dan Hamas juga telah melakukan pembicaraan rekonsiliasi di Turki untuk fokus mempersiapkan pemilu.

Pembicaraan kali ini difasilitasi oleh Mesir untuk mengakhiri perpecahan di Palestina.

ARTIKEL LAINNYA