Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angka Kematian Covid-19 Pada Lansia Di Denmark Tinggi, Amnesty International Kecam Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 16 November 2020, 16:10 WIB
Angka Kematian Covid-19 Pada Lansia Di Denmark Tinggi, Amnesty International Kecam Pemerintah
Amnesty International soroti tingginya angka kematian Covid-19 di kalangan lansia/Net
rmol news logo Amnesty International menyoroti tingginya angka kematian akibat Covid-19 di kalangan penghuni panti jompo di Belgia.

Organisasi non-pemerintah itu menyebut, antara Maret hingga Oktober, sebanyak 61,3 persen total kematian akibat Covid-19 di Belgia terjadi di panti jompo.

Sejauh ini Belgia sendiri sudah melaporkan lebih dari 531 ribu kasus Covid-19 dengan lebih dari 14 ribu kematian.

Amnesty International menyebut, pihak berwenang tidak cukup cepat untuk menerapkan tindakan untuk melindungi penghuni dan staf panti jompo. Pasalnya mereka yang terinfeksi tidak dipindahkan ke rumah sakit untuk menerima perawatan.

"Hasil penyelidikan memungkinkan kami untuk menegaskan bahwa (panti jompo) dan penghuninya telah ditinggalkan oleh pihak berwenang sampai tragedi ini dikecam secara terbuka," kata Direktur Amnesty International Belgia, Philippe Hensmans.

Ketika infeksi melonjak di seluruh negeri, panti jompo dengan cepat kewalahan oleh laju kontaminasi yang hingar-bingar karena otoritas lokal bahkan meminta dukungan angkatan bersenjata Belgia untuk mengatasi situasi yang mengkhawatirkan.

Belgia memiliki salah satu tingkat kematian tertinggi di seluruh dunia selama gelombang pertama. Tetapi sementara staf panti jompo kewalahan, rumah sakit di negara itu berhasil mengatasi krisis karena unit perawatan intensifnya tidak pernah mencapai kapasitas 2.000 tempat tidur.

Sekretaris jenderal federasi panti jompo Femarbel, Vincent Fredericq mengatakan, banyak penduduk yang membutuhkan bantuan medis tertinggal.

"Semua orang terpana oleh gambar rumah sakit Italia dan Spanyol. Situasi ini berdampak besar pada pembuat keputusan federal yang sejak awal mengatakan bahwa sangat penting untuk menghindari perawatan intensif yang berlebihan. Panti jompo telah diturunkan ke baris kedua dan penduduk serta staf telah menjadi korban," tutur dia.

Data dari Doctors Without Borders menunjukkan, hanya 57 persen dari kasus serius di panti jompo yang dipindahkan ke rumah sakit karena kondisi yang berbahaya.

“Beberapa orang lanjut usia mungkin meninggal secara prematur,” kata Amnesty International. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA