Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Kekacauan Politik, Presiden Armenia Putuskan Mempercepat Pemilihan Parlemen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 17 November 2020, 07:09 WIB
Di Tengah Kekacauan Politik, Presiden Armenia Putuskan Mempercepat Pemilihan Parlemen
Presiden Armenia, Armen Sarkissian/Net
rmol news logo Situasi Armenia saat ini telah mendesak Presiden Armenia untuk segera mengambil keputusan pergantian kabinet. Keputusan itu menyusul pengumuman pengundiran diri Menteri Luar Negeri Zohrab Mnatsakanyan.

Armen Sarkissian dalam pidatonya yang disiarkan pada Senin (16/11) menyatakan perlu untuk segera mengadakan pemilihan parlemen dan pembentukan "pemerintah yang sesuai dengan kesepakatan nasional", di tengah kekacauan politik yang sedang terjadi di negara itu.

“Rekan-rekan yang terhormat di Armenia, Artsakh dan Diaspora. Semua orang Armenia saat ini sedang mengalami salah satu momen paling berubah dalam sejarah bangsa kita selama ribuan tahun," ujar Sarkissian. "Kami telah dikalahkan dalam perang, juga dalam diplomasi dan di platform internasional."

Sarkissian mengatakan ia telah mengadakan pertemuan dan konsultasi politik dengan parlemen dan pasukan ekstra-parlementer, berbagai organisasi non-pemerintah dan individu, serta mengadakan pembicaraan telepon dengan berbagai organisasi Armenia.

Dari pertemuan itu telah disepakati mengenai kebutuhan untuk pengunduran diri atau penghentian masa jabatan dan pemilihan umum parlemen.

"Jelas bahwa, meskipun perang telah berakhir, Republik Artsakh, Republik Armenia dan semua orang Armenia, sedang memasuki masa percobaan baru di mana setiap kesalahan dapat mengakibatkan konsekuensi yang menghancurkan," ujar Sarkissian.

Ia mengungkapkan persatuan di Armenia telah dihancurkan semenjak adanya perang. Dalam situasi ini, ia meminta orang-orang Armenia harus bersatu dan dikonsolidasi.

"Mempertimbangkan situasi yang diciptakan dan keharusan untuk mengatasinya dengan bermartabat, memperhatikan permintaan publik, jelas bahwa pemilihan cepat Majelis Nasional pada akhirnya tidak akan terhindarkan untuk menjaga negara dari turbulensi," ujar Sarkissian, menambahkan bahwa negara akan diatur oleh Pemerintah Kesepakatan Nasional yang berkualifikasi tinggi.

Sarkissian berharap, semua kekuatan politik menyadari tanggung jawab mereka dan berbagi bagian misi sejarah mereka dengan bermartabat.

"Satu-satunya tugas kita adalah memberdayakan negara. Satu-satunya jalan kami adalah mengkonsolidasikan rakyat. Hanya melalui persatuan kita dapat meluruskan punggung dan menampilkan diri kepada kita dan generasi penerus serta masyarakat internasional sebagai anak bangsa yang tidak dapat dikalahkan," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA