Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kembalinya Kota Shusha Mengakhiri Mimpi Panjang Penduduk Azerbaijan Yang Terusir 28 Tahun Silam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 17 November 2020, 07:46 WIB
Kembalinya Kota Shusha Mengakhiri Mimpi Panjang Penduduk Azerbaijan Yang Terusir 28 Tahun Silam
Seorang tentara membawa bendera Azerbaijan menelusuri puing-puing di Kota Shusha/Net
rmol news logo Di saat penduduk Armenia baru saja mengalami mimpi buruk karena terpaksa harus pergi dari tanah yang mereka tinggali selama hampir 30 tahun, mimpi panjang penduduk Azerbaijan yang dulu terusir justru akan segera berakhir. Ini ditandai dengan kembalinya Kota Shusha (Shushi) ke pangkuan mereka.

Secara khusus, kembalinya Kota Shusha yang terletak di Nagorno-Karabakh (Karabakh Atas) ke tangan Azerbaijan memiliki makna simbolis. Terlebih kota ini memiliki sejarah berdarah.

Salah seorang penduduk bernama Hamlet Meherremov mengaku terpaksa harus meninggalkan rumah mereka di Shusha bersama istri dan tiga anaknya pada tahun 1992 ketika perang meletus.

“Sekarang tinggal menunggu waktu sampai mereka kembali ke rumah keluarga mereka,” ungkap Meherremov  kepada cucunya, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Senin (16/11).

“Bagiku, Shusha adalah Azerbaijan,” lanjutnya.

Istrinya, Sugayet Medetova, mengatakan dia tidak pernah kehilangan harapan untuk kembali, bahkan momen saat ini kerap menghiasi mimpi-mimpinya.

“Saya melihat momen ini dalam mimpi saya berkali-kali,” ungkapnya.

Dia mengatakan mereka hanya menunggu pengumuman dari Presiden Ilham Aliyev untuk memulai perjalanan pulang, impiannya sejak puluhan tahun.

Kegembiraan yang sama juga dirasakan oleh Keluarga Hasanova. Mereka telah merayakan momen kembalinya Shusha ke tangan Azerbaijan selama berhari-hari dengan mendekorasi rumah mereka dengan bendera Turki dan Azerbaijan.

Mereka kemudian mengambil kunci rumah dan dokumen dari brangkas. Menunjukkan bahwa mereka memiliki bukti-bukti kepemilikan rumah dan tanah, setelah beberapa dekade harus kehilangan itu semua.

Beybala Hasanova, sesepuh keluarga, sibuk bercerita kepada cucunya tentang kehidupan di kota leluhurnya. Dia mengatakan dia menyimpan kunci rumah bersamanya selama bertahun-tahun dengan harapan kembali suatu hari nanti.

Istrinya, Gulabe Hasanova, berbagi antusiasmenya.

“Rumah kami di Baku nyaman. Tapi hati kami ada di Shusha,” katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA