Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kongres Peru Angkat Mantan Pejabat Bank Dunia Sebagai Presiden Sementara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 17 November 2020, 14:22 WIB
Kongres Peru Angkat Mantan Pejabat Bank Dunia Sebagai Presiden Sementara
Francisco Sagasti, presiden sementara Peru/Net
rmol news logo . Kongres Peru akhirnya memutuskan untuk memilih anggota parlemen berhaluan tengah, Francisco Sagasti, sebagai presiden baru negara Amerika Selatan itu pada Senin (16/11) waktu setempat.

Pemilihan Sagasti terjadi setelah pergolakan selama berminggu-minggu. Mantan pejabat Bank Dunia berusia 76 tahun itu terpilih setelah terjadi kekosongan pemimpin selama 24 jam setelah pengunduran diri Manuel Merino pada Minggu (15/11), yang disertai protes selama berhari-hari dan menewaskan dua demonstran.

Sagasti dari Partai Morado sentris, memenangkan cukup suara untuk memimpin kongres unikameral pada hari Senin. Ia akan menjabat sebagai presiden sementara hingga akhir Juli 2021, menyelesaikan mandat Martin Vizcarra  yang dimakzulkan oleh Kongres Senin (9/11) pekan lalu, seperti dikutip dari AFP, Selasa (17/11).

Upaya pertama legislatif untuk menyetujui seorang presiden gagal pada hari Minggu, ketika anggota parlemen sayap kiri Rocio Silva Santisteban, hanya memenangkan 42 suara.

Hanya dalam satu minggu Peru mengalami tiga kali pergantian presiden. Sebelumnya, pemimpin sementara Manuel Merino mengundurkan diri pada hari Minggu lalu, lima hari setelah disumpah. Kemudian, menyusul penggulingan Martin Vizcarra.

Sagasti, menghadapi tantangan berat untuk membawa stabilitas ekonomi yang sudah terpukul parah oleh Covid-19 dan sedang menuju kontraksi ekonomi terburuk dalam satu abad. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA