Rayakan Kemenangan, Presiden Azerbaijan Beserta Isteri Jalan-jalan Keliling Nagorno-Karabakh

Presiden Ilham Aliyev beserta Ibu Negara Mehriban Aliyeva/Net

Presiden Ilham Aliyev beserta Ibu Negara Mehriban Aliyeva mengunjungi Nagorno-Karabakh dengan suka cita. Kedatangan pasangan itu disambut sorak-sorai oleh kerumunan orang yang ada di sana, saat keduanya melakukan perjalanan ke distrik Jebrayil dan Fizuli pada Senin (16/11) waktu setempat.

Pasangan ini merayakan kemenangan Azerbaijan atas Armenia dengan melakukan tur ke wilayah bekas konflik Nagorno-Karabakh yang berhasil direbut kembali dari Yerevan.

Dengan berseragam militer, Aliyev dan isteri mengabadikan momen tersebut lewat gambar dan video yang dirilis pada hari Selasa oleh kepresidenan Azerbaijan.

"Tidak akan ada status (otonom) untuk Karabakh. Azerbaijan adalah negara yang bersatu,” kata Aliyev saat ia mengendarai mobil lapis baja AzerKan buatan Azerbaijan melalui jalan-jalan di distrik Fizuli, seperti dikutip dari AFP, Selasa (17/11).

Sambil berpegangan tangan, pasangan itu memamerkan kemesraan mereka dengan latar belakang jembatan Khudaferin yang dibangun pada abad pertengahan di perbatasan Azerbaijan dengan Iran yang berada di bawah kendali Armenia selama hampir tiga dekade.

“Orang-orang Armenia telah menghancurkan segalanya di sini dan akan menjawabnya di pengadilan internasional,” kata Aliyev sambil menunjuk ke panorama Kota Jebrayil yang hancur.

“Lihat apa yang dilakukan musuh jahat itu terhadap Kota Jebrayil. Tujuan mereka adalah agar orang Azerbaijan tidak pernah kembali ke sini. Tapi kami akan tinggal di sini. Kami kembali ke tanah air kami,” lanjutnya.

Sejak kesepakatan genjatan senjata dilakukan, orang yang paling berbahagia adalah Presiden Ilham Aliyev. Di akun media sosialnya, berkali-kali Aliyev meluapkan rasa suka citanya atas kemenangan Azerbaijan.

"Ini adalah saat-saat paling membahagiakan dalam hidup kita masing-masing. Perang Karabakh  akan dicatat dalam sejarah sebagai kemenangan gemilang Azerbaijan. Semua rakyat kami menunjukkan persatuan dan solidaritas dalam memastikan kemenangan ini," katanya, sehari setelah penandatangannya kesepakatan damai Azerbaijan dan Armenia yang ditengahi Rusia.

Pekan lalu, Baku dan Yerevan menandatangani kesepakatan perdamaian yang ditengahi Moskow yang mengakhiri berminggu-minggu pertempuran di Nagorno-Karabakh yang menyebabkan ribuan orang tewas dan membuat puluhan ribu lainnya mengungsi.

Di bawah kesepakatan yang memicu perayaan di Azerbaijan dan kemarahan di Armenia, Yerevan setuju untuk menyerahkan sebagian wilayah yang disengketakan ke Baku, serta wilayah lain yang dikendalikan oleh pasukan Armenia sejak perang yang menghancurkan pada 1990-an.

Nagorno-Karabakh mendeklarasikan kemerdekaan dari Azerbaijan hampir 30 tahun yang lalu tetapi belum diakui secara internasional, bahkan oleh Armenia.

Bentrokan antara Azerbaijan dan separatis Armenia pecah pada akhir September dan terus berlangsung meskipun ada upaya yang dilakukan oleh Prancis, Rusia, dan Amerika Serikat untuk menengahi gencatan senjata yang gagal karena masing-masing pihak menuduh pihak lain melakukan pelanggaran.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Jumat, 22 Januari 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • JK, Buat Kejutan Apa di 2024?

Selasa, 26 Januari 2021
Video

Klarifikasi Ambroncius Nababan

Selasa, 26 Januari 2021

Artikel Lainnya

Dapat Konfirmasi Senat, Antony Blinken Resmi Jadi Menteri Luar Negeri AS
Dunia

Dapat Konfirmasi Senat, Anto..

27 Januari 2021 08:02
Perkuat Sektor Pertahanan, Kenya Borong 118 Kendaraan Militer Canggih Dari Turki
Dunia

Perkuat Sektor Pertahanan, K..

27 Januari 2021 07:52
Inggris Lampaui Angka 100 Ribu Kematian, Boris Johnson Sampaikan Rasa Sedihnya
Dunia

Inggris Lampaui Angka 100 Ri..

27 Januari 2021 07:44
Priti Patel Tangkis Pernyataan Mantan Pejabat Tinggi Soal Aturan Karantina Inggris
Dunia

Priti Patel Tangkis Pernyata..

27 Januari 2021 07:16
Perkuat Hubungan Diplomatik, Sudan Dan Israel Sepakat Bangun Kantor Kedutaan Dalam Waktu Dekat
Dunia

Perkuat Hubungan Diplomatik,..

27 Januari 2021 07:02
Iran Dan Rusia Makin Kompak, Teken Kerja Sama Keamanan Siber
Dunia

Iran Dan Rusia Makin Kompak,..

27 Januari 2021 06:48
Ketua Partai MHP Minta Joe Biden Tak Ulangi Kegagalan Donald Trump Di Turki
Dunia

Ketua Partai MHP Minta Joe B..

27 Januari 2021 06:37
Inggris Berkolaborasi Dengan UE Pastikan Rantai Pasokan Vaksin
Dunia

Inggris Berkolaborasi Dengan..

27 Januari 2021 06:27