Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tim Sejarawan Kerja Keras Lindungi Manuskrip Kuno Armenia Selama Konflik Baku Dan Yerevan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 18 November 2020, 11:31 WIB
Tim Sejarawan Kerja Keras Lindungi  Manuskrip  Kuno Armenia Selama Konflik Baku Dan Yerevan
Salah satu peninggalan bersejarah Armenia/Net
rmol news logo Sejak konflik mulai berkecamuk di wilayah Nagorno-Karabakh, tim sejarawan telah bekerja keras untuk menyelamatkan ratusan manuskrip kuno Armenia karena khawatir akan dihancurkan oleh artileri atau vandalisme.

Di balik pintu kubah tebal di pusat budaya Matenadaran-Gandzasar di ibu kota Armenia, Yerevan, terdapat banyak manuskrip Armenia yang sebagian besar berasal dari abad ke-13. Naskah-naskah kuno itu telah dipindahkan dari Nagorno-Karabakh sejak konflik antara Armenia dan Azerbijan meletus kembali pada September lalu.  

“Kami melihat tembakan roket jatuh di Katedral Gandzasar di Shusha, karena Matendaran terletak di sebelah kompleks biara Gandzasar. Demi alasan keamanan, kami memutuskan untuk sementara memindahkan semuanya ke Matendaran di Yerevan,” jelas Aram Torosyam, direktur pusat budaya tersebut, seperti dikutip dari France24.

Bukan hanya tembakan roket yang membuatnya khawatir, dia juga takut naskah-naskah kuno itu akan dihancurkan oleh pasukan Azerbaijan.

“Naskah-naskah itu dihapus, mengingat bagaimana penghancuran monumen merupakan fenomena berkelanjutan bagi para teroris ini. Azerbaijan, kelompok Turki, mereka memiliki kecenderungan untuk menghancurkan monumen,” ungkapnya.

Naskah-naskah itu adalah bagian penting dari warisan budaya Armenia, banyak yang mendokumentasikan hubungannya yang dalam dan sering bermasalah dengan tetangganya Azerbaijan.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA