Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanpa Kesepakatan Dagang Pasca Brexit, Pertumbuhan Ekonomi Inggris Tahun Depan Akan Bobrok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 18 November 2020, 11:38 WIB
Tanpa Kesepakatan Dagang Pasca Brexit, Pertumbuhan Ekonomi Inggris Tahun Depan Akan Bobrok
Brexit/Net
rmol news logo Inggris terus berupaya untuk mengamankan kesepakatan perdagangan dengan Uni Eropa (UE) setelah keluar dari blok tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tetapi jika Inggris gagal untuk melakukan kesepakatan dagang dengan UE hingga batas akhir tahun yang menjadi periode transisi Brexit, maka pertumbuhan ekonomi negara itu akan bobrok.

Dalam laporannya yang dikutip The Guardian pada Rabu (18/11), firma akuntansi KPMG menyebut, Inggris kemungkinan besar akan kehilangan lebih dari setengah tingkat pertumbuhan ekonomi 2021 jika tidak dapat mengamankan kesepakatan dagang dengan UE.

KPMG juga menekankan, jika kesepakatan gagal, maka kerusakan ekonomi dan resesi terdalam akan dirasakan oleh Inggris.

"Pertumbuhan akan menjadi 4,4 persen pada 2021 tanpa kesepakatan, dibandingkan dengan 10,1 persen jika Inggris dan UE mempertahankan hubungan yang ada pada level saat ini," kata KPMG dalam laporannya.

Bobroknya pertumbuhan ekonomi tanpa kesepakatan didasarkan karena perusahaan Inggris saling berhubungan dengan Eropa dan mereka belum siap untuk menghadapi pembatasan dari Brexit yang dapat memperlambat arus perdagangan.

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menyebut, tanpa kesepakatan perdagangan, maka pemulihan ekonomi Inggris akibat pandemi akan lebih lambat dua tahun hingga 2024.

"Dampak Brexit akan membuat Inggris keluar dari negara-negara maju tahun depan," kepala ekonom di KPMG Inggris, Selfin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA