Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teheran Siap Sambut Kembali Keanggotaan AS Di Kesepakatan Nuklir Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 18 November 2020, 13:38 WIB
Teheran Siap Sambut Kembali Keanggotaan AS Di Kesepakatan Nuklir Iran
Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif/Net
rmol news logo Iran menyatakan kesiapannya untuk membahas masuknya kembali Amerika Serikat (AS) dalam Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) atau yang juga dikenal sebagai Kesepakatan Nuklir Iran 2015.

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan pihaknya siap melakukan negosiasi dengan AS dalam kerangka kesepakatan nuklir.

"Jika Amerika Serikat ingin menjadi peserta JCPOA, keanggotaan yang ditolak oleh (Presiden Donald) Trump, kami siap membahasnya," kata Zarif kepada surat kabar Iran yang dikutip Sputnik, Rabu (18/11).

Pada 2018, Trump telah mengeluarkan AS dari JCPOA yang diiringi dengan pemberlakuan kebijakan tekanan maksimum pada Iran, berupa penerapan sejumlah sanksi kepada Teheran.

Tetapi presiden terpilih, Joe Biden telah mengindikasikan akan mengembalikan kembali AS ke kesepakatan tersebut.

Walaupun Biden belum resmi dinyatakan memenangkan pemilihan, tetapi sejumlah negara anggota JCPOA telah mendesak AS untuk kembali melakukan pendekatan dengan Iran melalui kesepakatan.

Menteri Luar Negeri Prancis, Yves Le Drian dan Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas pun telah menyatakan desakannya pada AS.

JCPOA yang ditandatangani pada Juli 2015 berisi penghapusan sanksi ekonomi dan keuangan internasional terhadap Iran dengan imbalan menghentikan program nuklir Teheran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA