Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Samoa Catatkan Kasus Perdana Covid-19, Seorang Pelaut Yang Pulang Dari Selandia Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 19 November 2020, 10:44 WIB
Samoa Catatkan Kasus Perdana Covid-19, Seorang Pelaut Yang Pulang Dari Selandia Baru
Samoa laporkan kasus pertama Covid-19/Net
rmol news logo Samoa mencatat kasus Covid-19 pertamanya, membuat hanya segelintir negara yang belum terinfeksi virus corona.

Negara pulau di Pasifik itu mengumumkan infeksi pertamanya pada Kamis (19/11), seperti dilaporkan AFP.

Perdana Menteri Tuilaepa Sailele Malielegaoi mengonfirmasi kasus pertama adalah seorang lelaki yang terbang ke Samoa pada Jumat (13/11) dan saat ini berada dalam isolasi.

Ia mengatakan, lelaki itu adalah seorang pelaut yang tiba dari penerbangan repatriasi dari Auckland, Selandia Baru. Sebelum meninggalkan Auckland, lelaki tersebut telah dinyatakan negatif Covid-19, namun hasil tes pada Selasa (16/11) menunjukkan positif.

"Kita sekarang memiliki satu kasus dan akan ditambahkan ke negara-negara yang terjangkit virus corona di dunia," kata Malielegaoi saat berpidato yang disiarkan televisi.

Malielegaoi pun menyerukan agar 200 ribu penduduk Samoa untuk tetap tenang. Dia mengatakan pemerintah akan memperkenalkan tindakan untuk mencegah penyebaran virus pada Kamis malam.

Negara-negara pulau di Pasifik menjadi kelompok yang berhasil mempertahankan diri dari virus. Tetapi dalam dua bulan terakhir, Vanuatu, Kepulauan Solomon, dan Kepulauan Marshall telah kehilangan status tersebut.

Sejauh ini hanya Kiribati, Mikronesia, Nauru, Palau, Tonga, dan Tuvalu yang diyakini masih bebas dari Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA