Farah.ID
Farah.ID

Hasil Perhitungan Suara Ulang Di Georgia, Joe Biden Dinyatakan Menang

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 20 November 2020, 10:15 WIB
Hasil Perhitungan Suara Ulang Di Georgia, Joe Biden Dinyatakan Menang
Presiden terpilih AS, Joe Biden/Net
Joe Biden dari Partai Demokrat dinyatakan menang dalam pemilihan presiden di negara bagian Georgia setelah perhitungan suara ulang dan audit dilakukan.

Pengawas pemilu Georgia, Gabriel Sterling pada Kamis malam (19/11) mengumumkan, audit telah selesai dilakukan dan hasilnya diunggah di situs sekretariat negara.

"Setiap surat suara disentuh oleh tim audit dan dihitung. Audit mengonfirmasi hasil asli pemilu, yaitu Joe Biden memenangkan pemilihan presiden di negara bagian Georgia," kata Sterling, seperti dikutip TVNZ.

Sterling menyebut, tidak ada satu kabupaten pun yang menunjukkan variasi margin lebih besar dari 0,73 persen dengan perhitungan suara awal.

Bahkan dari 159 kabupaten, sebanyak 103 di antaranya memiliki margin lebih kecil dari 0,05 persen.

Kabupaten yang memiliki margin lebih dari 0,5 persen sendiri dapat meminta perhitungan ulang dengan menggunakan mesin pemindai. Mereka memiliki waktu dua hari kerja untuk melakukan perhitungan ulang.

Audit yang disertai dengan perhitungan suara ulang di Georgia dilakukan seiring dengan tipisnya kemenangan suara Biden atas Presiden Donald Trump dari Partai Republik.

Selama audit, lebih dari 2.500 surat suara yang belum terhitung ditemukan di Kabupaten Floyd.

Menindaklanjuti hal tersebut, sekretaris kantor negara telah menyerukan pemecatan ketua panitia pemilu kabupaten Floyd, Robert Brady. Tetapi dewan pemilihan daerah hanya memberikannya teguran tertulis.

ARTIKEL LAINNYA