Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Donald Trump: Jika Bukan Karena Saya, Anda Tidak Akan Menemukan Vaksin Hingga Empat tahun Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 21 November 2020, 12:18 WIB
Donald Trump: Jika Bukan Karena Saya, Anda Tidak Akan Menemukan Vaksin Hingga Empat tahun Lagi
Presiden Donald Trump/Net
rmol news logo Presiden AS Donald Trump kembali mengulang pernyataan yang sama soal klaim kecurangan pemilu. Dalam briefing hariannya pada Jumat (20/11) waktu setempat, Trump juga mengkritik pengumuman kemanjuran vaksin yang sengaja diperlambat sebagai upaya untuk membuatnya terjungkal dari lawannya Joe Biden.

Trump secara terang-terangan menyebut raksasa farmasi Pfizer menunda pengumuman hasil positif dari uji coba vaksin Covid-19 itu untuk merusak peluangnya.

“Big Pharm memasang iklan negatif jutaan dolar terhadap saya selama kampanye - yang saya menangkan. Tapi, Anda tahu, kami akan menyelidikinya,” kata Trump di Gedung Putih, seperti dikutip dari US News, Sabtu (21/11).

“'Farmasi Besar' melawan kami. Kami juga memiliki media yang menentang kami. Kami memiliki teknologi besar yang melawan kami. Kami memiliki banyak ketidakjujuran terhadap kami,” lanjut Trump.

Trump menyebut, jika bukan karena dirinya, Tidak akan pernah ada vaksin yang ditemukan di AS.

“Pfizer dan yang lainnya jauh lebih maju dalam hal vaksin. Anda tidak akan mendapatkan vaksin selama empat tahun lagi jika bukan karena saya, karena FDA tidak akan pernah dapat melakukan apa yang mereka lakukan - apa yang saya paksa mereka lakukan,” ungkapnya.

Dalam pidatonya Trump juga menuding perusahaan yang telah mengumumkan tingkat kemanjuran tinggi untuk kandidat vaksin virus corona telah memainkan ‘permainan korup’.

"Permainan korup ini tidak akan menghalangi kita melakukan apa yang benar untuk rakyat Amerika," kata presiden.

Ini adalah pertama kalinya Trump berbicara kembali di depan umum dalam seminggu, dan seperti acara terakhirnya, dia kembali tidak menjawab satu pun pertanyaan wartawan.

Trump telah banyak dikritik karena telah mengabaikan pandemi virus corona yang memburuk dan malah sibuk membantah hasil pemilu. AS pada Kamis mencatat lebih dari 2.000 kematian akibat virus corona setiap hari untuk pertama kalinya sejak Mei.

Presiden juga telah menolak untuk mengizinkan transisi, menyebabkan penundaan yang baru-baru ini dikatakan oleh Presiden terpilih Joe Biden dapat menyebabkan lebih banyak kematian di Amerika karena virus corona.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA